Pele: Piala Dunia 2014 Terancam Oleh Gelombang Protes

Nasional / 2 June 2014

Kalangan Sendiri

Pele: Piala Dunia 2014 Terancam Oleh Gelombang Protes

daniel.tanamal Official Writer
2567

Legenda sepak bola Brasil, Pele menyatakan bahwa gelombang protes di Brasil dan belum siapnya sejumlah stadion mengancam berlangsungnya Piala Dunia 2014. Hal itu dikatakannya dalam sebuah pernyataannya kepada pers, Senin (19/5/2014).

"Itu merupakan salah satu masalah yang saya tekankan sejak enam tahun lalu. Kami tahu bahwa Brasil memenangkan hak untuk menyelenggarakan Piala Dunia, dan sekarang satu bulan sebelum diselenggarakan, stadion-stadion di sana belum selesai dan masih ada sejumlah masalah, dan itu memalukan," ujar Pele.

Sementara itu, ratusan ribu penduduk Brasil menggelar aksi protes di jalanan sepanjang perhelatan Piala Konfederasi tahun lalu, menyusul tingginya biaya penyelenggaraan turnamen paling bergengsi antara negara di dunia ini. Di sisi lain, tingginya pajak, inflasi, korupsi serta minimnya fasilitas pelayanan publik membuat penduduk Brasil merasa kian terpuruk.

"Orang-orang sudah melakukan demonstrasi ketika Brasil dipilih untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Tak ada yang berpikir bahwa Brasil memiliki tiga event penting —Piala Konfederasi, Piala Dunia dan Olimpiade— untuk memperlihatkan negara, untuk menghasilkan devisa dan pariwisata," tambah pria berusia 73 tahun ini.

Kekhawatiran bakal berlanjutnya protes itu selama Piala Dunia, 12 Juni hingga 13 Juli, juga masih menghantui panitia penyelenggara. Apalagi, pekan lalu para demonstran meluapkan kemarahan mereka dengan membakar ban di dekat Sao Paulo Corinthians Arena, stadion senilai 450 juta dollar AS (sekitar Rp 5,156 triliun) yang menjadi tempat berlangsungnya pembukaan turnamen empat tahunan ini.

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami