Tips Pintar Cari Modal Awal Untuk Usaha

Entrepreneurship / 26 May 2014

Kalangan Sendiri

Tips Pintar Cari Modal Awal Untuk Usaha

Lois Official Writer
7223

Sebelum memulai usaha, kita memerlukan modal. Besar kecilnya modal tergantung dari besar kecilnya usaha yang akan didirikan. Namun, untuk mengumpulkan modal memang tidak mudah. Beberapa modal yang biasanya kita miliki adalah keberanian, koneksi, pengetahuan, dan pengalaman. Namun bagaimana dengan modal uang dan aset? Mari kita cari tahu cara pintar untuk mendapatkan modal tersebut

Pembagian Modal

Modal Investasi yaitu modal yang harus dikeluarkan di awal membuka usaha dan biasanya digunakan untuk jangka panjang. Misalnya sewa bangunan, promosi, dan lain sebagainya.

Modal Kerja yaitu modal yang dikeluarkan tiap bulan untuk membeli bahan baku untuk membuat barang dagangan. Tanpa modal kerja, kita tidak dapat memproduksi barang dagangan.

Modal Operasional adalah modal yang dipakai untuk membayar gaji pegawai, membayar listrik, air, dan biaya operasional lainnya.

Modal Sendiri

Alangkah lebih baik jika memulai usaha dengan modal sendiri daripada berhutang. Namun, bagaimana kita bisa mempunyai modal sendiri ini?

Menabung. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk modal usaha Anda dan mulailah menabung sesuai kemampuan dan jangka waktu yang Anda tetapkan. Lakukan dengan berkomitmen. Tips pintarnya : pilihlah tabungan yang pasti dan punya suku bunga yang tinggi. Misalnya saja, pilihlah deposito daripada tabungan biasa, tapi bisa juga memilih asuransi dengan manfaat investasi jika memang bunganya lebih baik.

Menjual Barang Berharga. Biasanya yang dijual atau digadaikan adalah perhiasan, kendaraan bermotor, dan lain-lain. Tips pintarnya : kelolalah penjualan barang berharga Anda meskipun belum Anda butuhkan dananya. Misalnya, jual perhiasan Anda saat memang harga sedang naik, lalu uangnya dibeli lagi saat harga rendah ataupun ditabung. Jangan membeli kendaraan bermotor lagi karena nilainya selalu menurun.

Modal Dari Orang Lain

Minta Bantuan Keluarga. Jika memang keluarga Anda cukup mampu, pinjamlah pada mereka. Namun, jangan meminjam secara berkelanjutan karena hal ini akan membuat Anda tidak mandiri. Tips pintarnya : selain uang, Anda dapat meminta informasi relasi pada keluarga sendiri. Tentu ini mudah dilakukan. Buatlah anggota keluarga besar Anda sebagai marketing Anda sendiri.

Meminjam Pada Bank / Pegadaian. Perlu dilihat kembali yang mana punya suku bungan yang lebih rendah. Apa saja resikonya. Tips pintarnya : lakukan ini sebagai langkah terakhir jika cara lain tak dapat dilakukan. Pilihlah kredit tanpa agunan dan dengan jangka waktu yang dapat disesuaikan dengan pembayaran Anda.

Sistem Bagi Hasil. Sistem ini adalah bekerjasama dengan pihak lain dengan membuat perjanjian yang jelas dan detail. Misalnya Anda mengeluarkan modal konsep dan tenaga, sementara rekan Anda mengeluarkan modal uang tunai. Tips pintarnya : semua perjanjian harus jelas, hitam di atas putih dengan menggunakan materai. Tentu saja cari rekan kerja yang sesuai dengan Anda dan juga kebutuhan Anda. Pastikan dia tertarik dengan usaha yang Anda lakukan dan berapa keuntungannya.

Saat ini, ada juga satu cara lain yang sering dipakai orang ketika tidak punya modal. Biasanya untuk memulai usaha, para pelaku bisnis menjadi reseller. Carilah produsen yang bisa memasok barang kepada Anda terlebih dahulu. Biasanya, barang tersebut ditampilkan secara online dan baru diantar setelah Anda mendapatkan pembeli. Nah, yang mana cara yang Anda pilih, semuanya terserah pada Anda.

 

Baca juga :

Berbagai Wisata Rohani di Indonesia dengan Budget Pas-Pasan

Untung Rugi Menikah Usia Muda Dari Sisi Wanita

Cara Tetap Percaya Diri Meski Punya Kekurangan

Godzilla, Proyek Monster Raksasa yang Dirahasiakan

5 Tahun Gendong Cucu Sejauh 2KM Agar Bisa Ke Sekolah

3 Printer dengan Mobilitas Tinggi

Sumber : aviva.co.id-jawaban.com by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami