3 Makanan yang Juga Mampu Hentikan Kebiasaan Merokok

Gizi & Nutrisi / 24 May 2014

Kalangan Sendiri

3 Makanan yang Juga Mampu Hentikan Kebiasaan Merokok

Budhi Marpaung Official Writer
5381

Selain sayuran, garam dan permen karet, buah dengan kandungan vitamin C, susu dan produk susu, gingseng, ada sejumlah makanan lain yang mampu menghentikan kebiasaan merokok. Apa saja itu? berikut daftarnya.

1. Oat

Sebuah penelitian di Glasgow, Skotlandia, menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu ekstrak dari oat segar lebih cenderung untuk mengalami penurunan dalam ketagihan merokok dibanding perokok yang diberi suatu placebo.

Agar mendapatkan efek maksium, cara mengonsumsi oat yang tepat adalah :

a. ambil satu sendok makan ground oat (bukan oatmeal)lalu tambahkan pada 2 mangkuk air rebus dan diamkan selama satu malam.

b. keesokan hari, minum sebagian dari campuran tersebut beberapa jam setelah makan. Jangan mengkonsumsinya setelah jam 8 malam.

2. Seledri

Penelitian lain juga menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi seledri dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Namun harus diingat jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Sebab terlalu banyak memakan sayuran manis akan membuat jumlah glukosa naik. Ketika jumlah glukosa naik lebih dari kadar normal maka itu bakal mengaktifkan area otak yang bertanggungjawab terkait kesenangan dan kepuasan.  

3. Mentimun

Selain oat dan seledri, setiap perokok berat yang ingin berhenti merokok ada baiknya mencoba mengonsumsi buah timun setelah selesai makan. Dengan memakan timun, mulut terasa bersih dari sisa-sisa makanan yang berlemak, pedas, dan asin. Ketika mulut menjadi tawar maka keinginan untuk merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang.

Demikian tiga jenis makanan yang bisa menghentikan kebiasaan merokok. Namun, ada satu hal penting yang tidak boleh dilupakan bahwa diperlukan niat lebih untuk berhenti. Sebab, tanpa adanya niat untuk berhenti maka Anda bakal kembali lagi untuk merokok.

Salam hidup sehat…

 

Baca juga:

Kakinya Diamputasi Gara-Gara Rokok

Ia Lebih Berharga Dari Pada Permata

Mendengar Nasihat Orang Lain

Cara Mudah Melekatkan Hubungan Dengan Anak

Sumber : klinikpengobatanalami.wordpress.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami