Cara Mudah Melekatkan Hubungan Dengan Anak

Parenting / 21 May 2014

Kalangan Sendiri

Cara Mudah Melekatkan Hubungan Dengan Anak

Budhi Marpaung Official Writer
5101

Apakah Anda termasuk orangtua yang merasa sulit menjalin kedekatan dengan anak? Atau mungkin Anda tergolong ayah/ibu yang bingung bagaimana agar buah hati dapat akrab dengan Anda? Jika ini adalah persoalan. Jangan kuatir sebab masalah yang Anda hadapi tersebut ada jalan keluarnya.

Beberapa cara mudah dibawah ini akan membantu Anda dalam melekatkan hubungan dengan anak.

1. Intropeksi diri

Hanya karena Anda merasa hubungan Anda dengan anak baik bukan berarti anak juga merasakan yang sama. Bisa saja, tanpa memberitahu Anda, buah hati Anda ternyata di dalam lubuk hatinya merasakan kekosongan. Ia mencari-cari dimanakah kasih dan rasa nyaman yang ingin ia dapatkan dari orangtua.

Oleh sebab itu, Anda disarankan mulailah mengintrospeksi diri. Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah Anda pernah menyatakan rasa sayang kepada anak? dan kapan terakhir kali Anda mengungkapkannya?”

Ungkapan rasa sayang kepada anak perlu Anda lakukan agar bisa meyakinkan dan memberi penegasan bahwa Anda benar-benar mencintainya. Selain itu, ungkapan tersebut juga berguna untuk membuat anak merasa nyaman dan terlindungi saat ada di dekat Anda.

2. Menatap mata

Cara kedua yang perlu Anda lakukan untuk melekatkan hubungan dengan anak adalah selalu menatap mata pada saat berkomunikasi, terlebih-lebih ketika mengungkapkan kata-kata sayang.

Anak dapat merasakan kasih sayang dan perhatian tulus dari cara Anda memandang kepadanya. Bukan hanya itu saja, lewat pancaran mata, buah hati Anda bisa merasakan kebahagiaan dan kehangatan dari Anda dan pasangan.

3. Sediakan Waktu istimewa

Walau mungkin sudah banyak artikel yang membahasnya, tetapi saya akan memasukkan ini ke dalam tips kali ini. Sebagai orangtua, sediakanlah waktu khusus bersama anak. Menyediakan waktu khusus disini tidak harus dengan melakukan suatu kegiatan besar, seperti berlibur bersama. Bisa juga Adna mempraktikkan cara ini lewat menyediakan waktu bersama dengan anak lewat saling bercerita, bertukar pengalaman, apalagi curhat.

Apabila Anda memiliki anak lebih dari satu dan jaraknya tidak berjauhan maka buatlah jadwal untuk menghabiskan waktu dengan anak satu per satu secara bergantian. Dengan begitu, anak bakal bisa merasa dekat dan jujur kepada Anda dan pasangan Anda.

Demikian 3 cara mudah yang bisa Anda sebagai orangtua lakukan untuk makin mendekatkan relasi dengan anak. Ingatlah, jangan menunggu inisiatif anak untuk dekat dengan ayah-ibunya, tetapi mulailah dari orangtua terlebih dahulu. Seiring berjalan waktu, ketika anak merasakan kasih dan sayang itu nyata dalam hidupnya maka otomatis ia pun akan mendekat kepada Anda. 

 

Baca juga:

Ketahuan Selingkuh, Ibu Siksa Anak Kandung

If We're Honest, Album Jujur dan Intim Francesca Battistelli

Dokumentasi Kopdar Forum JC 3 Mei 2014

Melampaui Penghakiman

Sumber : ciricara.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami