Bahan Makanan yang Mampu Cegah Penyakit Meningitis

Gizi & Nutrisi / 10 May 2014

Kalangan Sendiri

Bahan Makanan yang Mampu Cegah Penyakit Meningitis

Budhi Marpaung Official Writer
7885

Beberapa hari terakhir meningitis menjadi perhatian publik di Indonesia, tepatnya setelah komedian ternama tanah Air, Olga Syahputra diketahui mengidap penyakit ini. Sebenarnya meningitis bukanlah penyakit baru. Hanya saja, ketika yang menderita adalah Olga maka banyak orang yang ingin mengetahui penyakit yang satu ini.

Secara singkat meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meninges, yaitu membrane atau selaput yang melapisi otak dan syaraf tunjang. Meningitis dapat disebabkan berbagai organisme seperti virus, bakteri ataupun jamur yang menyebar masuk kedalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak.

Selain menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah makan, salah satu cara agar seseorang dapat terhindar dari penyakit meningitis adalah dengan mengonsumsi kayu manis.

Berdasarkan penelitian Roshni George dan Donald Graves dari University of California, Santa Barbara, Amerika Serikat, kayu manis memiliki kandungan protein yang dikenal dengan sebutan "tau". “tau” ini memiliki tanggung jawab untuk perakitan mikrotubulus dalam sel yang juga memainkan peran penting dalam struktur dan fungsi neuron.

Mengingat kayu manis merupakan bahan makanan maka kita tidak mengonsumsi secara langsung tetapi mencampurkan ke dalam masakan kita. Terpenting lagi yang perlu diingat adalah kayu manis mudah didapatkan di pasar tradisional maupun modern.

Jadi, mari konsumsi kayu manis sejak hari ini. Jangan tunda-tunda atau tunggu kita atau orang sekitar kita mengalami meningitis terlebih dahulu. Sebab selalu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Selamat hidup sehat!

 

Baca juga:  

Misteri Penyakit Meningitis Olga Syahputra

4 Pelajaran Penting Dari Kisah Jalan Ke Emaus

My God / Kau Terhebat

Dokumentasi Kopdar Forum JC 3 Mei 2014

Sumber : berbagai sumber / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami