Potensi Media Sosial Untuk Tingkatkan Karir

Potensi Media Sosial Untuk Tingkatkan Karir

Lori Official Writer
3183

Secara global, media sosial sudah mengambil tempat yang penting bagi kehidupan modern saat ini. Tak dimungkiri, media sosial memang menjadi media online yang dapat menghubungkan banyak orang dari seluruh dunia untuk berinteraksi, berbisnis, belajar serta berkomunitas.

Dengan itu, kehadiran media sosial ternyata berdampak baik terhadap peningkatan karir seseorang. Tak hanya sekedar menulis status-status yang kurnag penting, para penggunaan Facebook, Twitter, Linked-in, Path, Instagram malah dapat memperoleh manfaat besar media online ini untuk beragam hal seperti:

# Penyedia kerja

Media sosial menjadi salah satu situs penyedia kerja yang sudah sangat bermanfaat bagi para pencari kerja. Beragam situs-situs resmi penyedia kerja rata-rata memiliki akun media sosialnya untuk memuat beragam lowongan kerja dari berbagai perusahaan atau lembaga tertentu. Di akun jejaring sosial biasanya situs-situs tersebut hanya memuat link menuju homepage situs yang sebenarnya. Anda hanya perlu membuka link yang dipostingkan tersebut.

# Memperluas pertemanan

Mengingat bahwa media sosial memberi peluang besar dalam berinteraksi dengan orang-orang diberbagai belahan kota hingga negara, maka tak sedikit pengguna memanfaatkan media sebagai sarana untuk menjalin pertemanan. Selain Facebook dan Twitter, media Linked-in sudah dikenal luas sebagai jejaring yang banyak digunakan dalam menjalin koneksi dengan para pekerja profesional seperti pengusaha, pebisnis atau orang-orang se-profesi.

# Menambah ilmu pengetahuan

Media sosial dapat menjadi sumber pengetahuan dan menjadi ruang untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan. Sebagai penulis, saya juga kerap menggunakan Facebook sebagai ajang untuk berbagi dengan penulis dari media lainnya. Lewat tulisan-tulisan penulis lain yang diposting banyak ilmu dan pengetahuan yang penulis dapatkan.

# Bergabung dalam komunitas

Banyak sekali ruang komunitas tertentu yang tersedia di media sosial. Anda hanya perlu memilih dan mengikuti komunitas yang sesuai, misal bila anda berprofesi sebagai penulis seperti saya, maka ikutilah komunitas penulisan. Atau bila anda adalah fotographer maka anda hanya perlu menemukan komunitas yang sealiran dengan anda.

Bergabung dengan satu komunitas di media sosial dapat memberi anda peluang untuk dapat diikutsertakan dalam beragam kegiatan yang pasti bermanfaat bagi peningkatan kualitas atau potensi anda.

Selain hal di atas, media sosial juga memampukan anda untuk melatih komunikasi yang lebih baik, dengan aktif berdiskusi secara online atau memberi respon atau komentar positif yang dapat membangun orang lain. Pilihan ada ditangan Anda, memilih menggunakan media sosial hanya sekedar eksis atau menemukan sumber informasi yang dapat meningkatkan dan mendukung potensi Anda dalam berkarya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Raup Keuntungan Berbisnis di Masa Kampanye

Keuntungan Menggunakan Event Organizer

Melirik Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif

Ini Cara Menyikapi Anak Tipe Pemalu dan Tertutup

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami