Melirik Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif

Melirik Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif

Puji Astuti Official Writer
3633

Dunia otomotif selalu menarik perhatian, terutama dengan trend dan desain yang terus diperbaharui. Saat ini peluncuran model mobil baru hampir sama cepatnya dengan peluncuran ponsel baru. Jadi jika Anda melirik karir di bidang otomotif, maka industri ini menyediakan segudang peluang bagi Anda.

Bidang pekerjaan otomotif yang paling sering kita dengar adalah mekanik, karena merekalah yang dalam keseharian sangat dibutuhkan. Namun dalam industri, ada satu bidang yang saat ini menyediakan peluang besar untuk berkarir, yaitu desain otomotif.

Peluncuran mobil model baru saat ini bisa per kwartal atau per semester, namun bukan berarti benar-benar jenis baru, terkadang hanya berbeda dalam desain interior, eksterior dan asesorisnya saja. Jadi, kreatifitas seorang desainer otomotif sangat diperlukan dalam industri otomotif masa kini.

Dibutuhkan berbagai keahlian sebagai seorang desainer dibidang otomotif, mulai dari kemampuan tehnik, keahlian komputer, hingga kemampuan komunikasi untuk bekerja sama dalam sebuah tim. Karena untuk memunculkan sebuah konsep baru tidak hanya dikerjakan oleh satu orang, namun dalam sebuah tim dengan keahliannya masing-masing.

Jika Anda berminat untuk terjun dalam bidang ini, beberapa universitas telah menyediakan jalur yang bisa Anda tempuh, seperti universitas dengan fakultas tehnik atau fakultas desain produk. Beberapa universitas bahkan telah bekerjasama dengan industri otomotif yang memungkinkan mahasiswanya untuk magang.

Diluar negeri bidang pekerjaan ini menjanjikan penghasilan antara 30.000 hingga 50.000 dolar per tahunnya, namun untuk di Indonesia masih belum ada kisaran yang pasti. Namun jika Anda menyukai bidang desain dan otomotif, ada berbagai peluang untuk bekerja sebagai desainer otomotif, tidak harus bekerja di pabrik mobil, namun juga bisa di rumah modifikasi.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti

Ikuti Kami