Air Putih, Bantu Sistem Pencernaan Atau Tidak?

Air Putih, Bantu Sistem Pencernaan Atau Tidak?

Lois Official Writer
5169

Beredar mitos di masyarakat bahwa kebiasaan minum air putih saat makan akan membantu proses pencernaan, apalagi jika sering minum saat makan. Namun, ada pula yang menganggap hal itu akan mengganggu penyerapan zat gizi di lambung. Apakah benar minum air putih dapat mengurangi keasaman perut terutama di pagi hari? Mari kita lihat apa yang dirilis dalam laman The Daily Beast.

Minum Air Putih Dapat Mengurangi Keasaman Perut?

Nilai derajat keasaman (pH) asam lambung kurang dari 1. Ini berarti asam lambung 100.000 kalilebih asam daripada air putih yang pH-nya sekitar 7. Dengan kata lain, jika mau menetralkan asam lambung, Anda perlu minum ribuan liter air putih terlebih dahulu.

Makan Sambil Minum Ada Pengaruhnya?

Selama jumlahnya wajar, minum air putih saat makan tidak akan mengganggu atau tidak akan berdampak buruk bagi tubuh. Sebaliknya, air putih juga tidak membantu sistem pencernaan, kecuali jika pada saat itu tubuh kekurangan cairan. Jadi perdebatan mengenai perlu tidaknya minum air putih saat makan sebenarnya tidak terlalu penting.

Namun, menurut peneliti Shonali Sabherwal, minum air putih saat makan bisa mengurangi jumlah cairan dalam sistem pencernaan. Hal ini membuat zat gizi dalam makanan terkonsentrasi dan lambung mengeluarkan tingkat keasaman yang cukup tinggi. Selain itu, kadar insulin juga dapat meningkat meskipun tidak mengkonsumsi makanan tinggi gula.

Kebiasaan makan seseorang tentu sangat susah diubah, bahkan ada yang suka sekali minum teh manis saat makan. Siasati dengan makan makanan berkuah bening dan tetaplah kunyah makanan dengan baik sehingga kerja lambung berkurang. Setelah itu, baru minum air putih untuk menyegarkan mulut.

 

Baca juga :

Bertemu dengan Jodoh Lewat Doa

Yang Bisa Buat Suami Makin Cinta

Rokok, Sejarahnya dalam Dunia dan Alkitab

Ingin Jadi Presenter Bola? Ini Caranya

Romantis dengan Budget Murah di Hari Valentine

Sumber : detik.com by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami