Kisah Sahabat Lama
Sumber: www.rayi.web.id

Kata Alkitab / 31 December 2014

Kalangan Sendiri

Kisah Sahabat Lama

Tiurma Ida Purba Official Writer
6570

Dalam sebuah kesempatan sahabat lama bertemu setelah lama berpisah. Yang satu merantau ke kota dan melanjutkan pendidikan hingga professor. Sedangkan yang lain memilih tetap tinggal di kampong dan bekerja sebagai nelayan. Lalu nelayan mengajak professor memancing dengan perahu kecil di tengah laut. Inilah perbincangan mereka :

Professor :  “ Apa kau bisa berbahasa Inggris?”

Nelayan : “ Aku hanya lulusan SMP, jadi aku tak bisa berbahasa Inggris”.

Professor : “ Wah, kau sangat rugi tidak bisa berbahasa Inggris. Karena jika bisa bahasa Inggris, kau bisa berkeliling dunia, merantau bahkan menjadi kaya. Kau sudah kehilangan 50% dari hidupmu. Lalu bagaimana dengan ilmu matematikamu?”

Nelayan : “ Apalagi ilmu matematika, aku hanya lulusan SMP”

Mengetahui bahwa temannya hanya lulusan SMP dan tidak bisa matematika dan bahasa inggris, professor menjadi besar kepala. Namun tiba-tiba cuaca menjadi mendung dan ombak menjadi besar. Professor menjadi sangat takut dan nelayan mencoba untuk menenangkan temannya. “ Tenanglah, ini biasa pada musim sekarang ini. Jika perahu ini dihempas angin, kita bisa berenang”.

Mendengar ucapan nelayan, professor menjadi tambah takut karena ia tidak bisa berenang. “ Aku tidak bisa berenang, makanya aku sangat takut kalau tenggelam”. Mendengar jawaban professor, nelayan hanya tersenyum kecil dan berkata : “ Menurutmu aku akan kehilangan 50 % dari hidupku karena tidak bisa berbahasa Inggris. Namun sekarang, kau akan kehilangan 100 % hidupmu, karena kau tidak bisa berenang”.

Kisah inspiratif ini mengajarkan bahwa pentingnya kerendahan hati. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Janganlah saling mencela dan merendahkan satu sama lain. Dalam setiap kekurangan, biarlah bisa saling mengisi. Ketika anda menggapai sesuatu, seorang yang rendah hati akan berkata“ Hari ini saya ada karena pertolongan Tuhan, bukan kekuatan saya”. Seorang yang rendah hati akan bisa  menerima kritikan dari orang lain dan belajar menjadi lebih baik.

Jarang memang menemui orang yang rendah hati sekarang ini. Namun, mulailah dari diri sendiri untuk melakukan yang terbaik. Dengan demikian anda bisa menjadi teladan bagi orang lain. Orang yang rendah hati juga bersedia melayani orang lain. Ini sangat sulit memang. Namun, kasih hanya bisa diungkapkan dalam sebuah kasih. Kasih akan membuat orang di sekeliling anda menjadi sangat berharga.

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami