Usaha Samuel Pierpont Langley

Kata Alkitab / 31 December 2014

Kalangan Sendiri

Usaha Samuel Pierpont Langley

daniel.tanamal Official Writer
3874
Samuel Pierpont Langley adalah seorang profesor matematika dan astronomi yang pernah menjabat sebagai direktur Smithsonian Institute. Akhir tahun 1890-an ia berhasil menyelesaikan banyak eksperimen dengan menggunakan banyak model pesawat tanpa penumpang. Tahun 1898, ia mendapat sumbangan dari Departemen Perang AS untuk membangun pesawat terbang berpenumpang pertama. Tahun 1901, ia berhasil menguji pesawat tersebut, maka tanggal 8 Oktober 1903, ia siap menguji pesawat itu.

Ratusan penonton dan wartawan memerhatikan saat di mana pesawat itu siap dikemudikan, yang ditempatkan pada sebuah katapel khusus yang akan melontarkannya ke udara. Tetapi pesawat itu terperangkap dalam katapelnya dan terlempar ke air, yang hanya tiga puluh enam meter jauhnya dari tempat peluncuran. Ia mendapat kecaman dari laporan dalam New York Times terhadap eksperimen tersebut. Dua bulan kemudian ia mencoba lagi dan gagal. Sekali lagi para kritikus membantainya. New York Times menyatakan, Kita tidak berharap Profesor membuang-buang kebesarannya sebagai seorang ahli ilmu pengetahuan dalam menanggung risiko meneruskan usahanya, dan uang yang digunakannya dalam eksperimen-eksperimen pesawat terbang di masa depan.

Memang Langley tidak meneruskannya lagi. Setelah dua puluh tahun bekerja keras, ia pun melepaskan impiannya tentang penerbangan berpenumpang. 17 Desember 1903, sembilan hari setelah kegagalan Langley, dua montir sepeda yang tidak terkenal, Orville dan Wilbur Wright, menerbangkan pesawat itu, menyeberangi bukit-bukit pasir Kitty Hawk, di Carolina Utara. Kedua kakak-beradik ini pun diakui sebagai pencipta pesawat terbang berpenumpang. Karena keputusasaan, tanpa disadari terkadang pintu keberhasilan yang hanya tinggal selangkah di depan kita lalui begitu saja.

Keberanian adalah keinginan untuk memulai sesuatu, tetapi ketekunanlah yang membuahkan tekad untuk meneruskan sesuatu. Asal mau tekun berusaha lebih keras, maka kita akan menemukan keberhasilan. Mungkin kita akan menemui kegagalan namun berusahalah lagi, sampai menemukan keberhasilan dari apa yang diharapkan sejauh tidak bertentangan dengan firman Tuhan. Thomas A. Edison pernah berkata, Banyak orang yang gagal dalam hidup adalah orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.
Sumber : manna sorgawi
Halaman :
1

Ikuti Kami