Resolusi Tahun Baru: Menjadi Pendengar Setia Pasangan
Sumber: Fatherhoodchannel.com

Marriage / 30 December 2014

Kalangan Sendiri

Resolusi Tahun Baru: Menjadi Pendengar Setia Pasangan

Lori Official Writer
3024

Ada perbedaan yang besar antara hanya sekedar mendengar dan benar-benar menyimak apa yang pasangan anda katakan. "Mendengar" kita lakukan ketika ada sesuatu yang mengganggu atmosfir dan gangguan itu berbentuk gelombang yang mengenai genderang telinga kita sebagai suara. Begitulah proses kita mengartikan suara. Menyimak berbeda dengan mendengar. Menyimak adalah mendengar dengan memperhatikan arti atau makna dari apa yang kita dengar.

Contohnya, sebuah truk terguling di jalan raya depan rumah kami. Saya mendengar suara kekacauan itu, saya tahu apa yang terjadi, dan saya tidak terlalu memperdulikannya. Kita melakukan hal yang sama ketika kita hanya mendengar kata-kata yang diucapkan orang lain. Suara-suara itu hanya berupa getaran atau gelombang di udara. Kita mengangguk, tersenyum, juga mungkin merespon, tapi apakah kita benar-benar mendengarkan?

Mungkin tidak... Menyimak membutuhkan kita untuk menjadi terbuka dan memperhatikan arti atau makna dari perkataan orang lain, bahwa kita (secara sungguh-sungguh) masuk ke dalam pengalaman yang disampaikan melalui kata-kata tersebut.

Perkataan orang lain, khususnya pasangan anda, bukan sekedar suara, namun tentang pemikiran, perasaan, sudut pandang, harapan-harapan, kenangan, sensasi, keyakinan-keyakinan (keseluruhan dari dirinya) atau paling tidak sebagian dirinya yang terungkap pada saat itu.

1. Keinginan untuk dimengerti

Salah satu cara termudah untuk memahami seperti apa menyimak yaitu dengan bertanya pada diri anda sendiri, apa yang saya inginkan dari orang lain saat saya ingin dimengerti? Apa yang paling kita inginkan adalah dihargai. Tidak hanya didengar, tapi merasakan bahwa lawan bicara kita benar-benar memahami kita. Menyimak tidak terjadi secara otomatis, namun sangat membutuhkan latihan dan fokus.

Kualitas terpenting dari menyimak adalah bahwa anda mengijinkan diri anda sendiri untuk melangkah lebih maju dan mempertimbangkan pengalaman orang lain. Ini bukan berarti anda harus mengabaikan sudut pandang anda sendiri, anda hanya mengesampingkannya sejenak sewaktu anda sedang menyimak, sehingga perhatian anda dapat terarah sepenuhnya pada apa yang sedang dikomunikasikan oleh pasangan anda. Semakin baik anda menyimak, maka anda akan semakin dihargai. Semakin baik anda menghargai pasangan, maka anda dan pasangan akan semakin "terhubung" atau dekat. Semakin dekat anda dan pasangan, maka hubungan anda akan semakin baik.

2. Lepaskan pertahanan anda

Satu cara yang sederhana dan efektif untuk berlatih menyimak adalah dengan melepaskan pertahanan anda. Ketika anda merasa perlu untuk melindungi diri anda dari sesuatu yang pasangan anda katakan atau dari sesuatu yang pasangan anda inginkan dari anda, itulah waktunya untuk mengistirahatkan sejenak sudut pandang anda sendiri dan mendengarkan dia. Memang kedengarannya seperti berlawanan dengan intuisi, tapi itu berhasil.

Hal ini bukan berarti anda harus mengabaikan apa yang anda rasakan atau apa yang anda pikirkan. Justru sebaliknya, bahkan kami menyarankan agar anda jangan sampai mengabaikan perasaan dan pemikiran anda, karena hal itu akan berarti pengabaian diri anda sendiri, yang akan menimbulkan rasa sakit hati dan membuat anda nantinya akan menyalahkan pihak lain. Apa yang perlu anda lakukan hanya mengesampingkannya sejenak dan hanya menyimak sudut pandang pasangan anda.

Apa yang akan anda lihat adalah bahwa pasangan anda mempunyai kebenaran untuk diungkapkan dalam perkataan atau keinginannya. Lagipula, jika anda merasa defensif, itu berarti sebagian dari posisi anda mungkin memang tidak benar (mungkin tindakan atau keputusan atau sudut pandang anda tidak sepenuhnya benar). Karena jika anda memang benar, anda tidak akan merasa rapuh atau tertekan dan merasa perlu untuk membela diri anda sendiri dari pasangan anda. Jika posisi anda memang benar, maka tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Keinginan untuk membela diri selalu merupakan indikasi bahwa sebagian dari sudut pandang atau pemikiran anda tidak sepenuhnya benar. Saat anda terbuka pada pasangan anda, anda dapat menemukan apa saja hal-hal tentang diri anda yang memerlukan perubahan, untuk pengembangan diri anda sendiri dan untuk peningkatan hubungan anda. Anda tidak kehilangan diri anda sendiri, walaupun pasangan anda mendapatkan apa yang dia inginkan, karena perubahan itu akan menguntungkan diri anda sendiri dan juga membuat hubungan anda dan pasangan semakin dekat. Menyimak adalah berdialog, dan berdialog adalah tentang hubungan. Hubungan yang semakin dalam akan menyebabkan keintiman dan ikatan yang lebih kuat, dan hal itu sangat romantis.

Mulailah berlatih hari ini dan lihatlah apa yang akan terjadi dalam pernikahan anda!

Sumber : Christianwomentoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami