Rusia: Investasi di Indonesia adalah Kesempatan Mereformasi Ekonomi

Nasional / 30 December 2014

Kalangan Sendiri

Rusia: Investasi di Indonesia adalah Kesempatan Mereformasi Ekonomi

daniel.tanamal Official Writer
2904
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Yurievich Galuzin menyatakan, goncangan ekonomi Rusia tidak akan memengaruhi investasi negara ini ke Indonesia. Menurutnya, goncangan ekonomi Rusia merupakan hal wajar yang bisa terjadi di setiap negara.

Galuzin menyebutkan bahwa negaranya sangat percaya diri menghadapi goncangan ekonomi karena Rusia punya potensi ekonomi seperti sumber daya alam dan industri yang kuat bersama dengan sains yang potensial dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdidik dan terlatih. Pihak Rusia malah melihat investasi di Indonesia ini akan menjadi kesempatan untuk mereformasi ekonomi Rusia.

"Saya rasa itu tidak akan memengaruhi rencana Rusia untuk berinvestasi ke Indonesia. Sesuai dengan pidato Presiden Putin dalam konferensi pers beberapa minggu lalu yang meyakinkan bahwa perekonomian Rusia baik-baik saja," ujarnya ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Salah satu contoh proyek yang tidak terpengaruh goncangan ekonomi Rusia adalah RUSAL. Pimpinan RUSAL sudah bertemu dengan pemerintah Indonesia untuk menetapkan pembangunan smelter bauksit yang bisa memproduksi bauksit dan mengolah mineral alumina di Kalimantan Barat.

"Kedua pihak sudah menandatangani MoU (nota kesepahaman) bulan Februari," cetus Mikhail. Mereka juga sepakat tetap melanjutkan proyek terutama untuk eksplorasi hasil bumi dan pembangunan smelter.

Selain itu ada juga proyek pembangunan konstruksi kereta api di Kalimantan Timur atau ekspor badan pesawat dari Rusia ke Indonesia. Kendati demikian, Mikhail mengakui belum ada nilai investasi yang dihitung karena pembicaraan ini masih bersifat diskusi.

Mikhail pun mengatakan pihaknya memiliki agenda ekonomi lain yang menjanjikan antara Rusia dengan Indonesia. Dia berharap dalam beberapa tahun kedepan akan terimplementasi menjadi nyata dan memberikan manfaat bagi kedua negara.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami