6 Tokoh Politik Paling Dibahas di Tahun 2014

6 Tokoh Politik Paling Dibahas di Tahun 2014

Lori Official Writer
4903
Tahun 2014 menjadi momen paling bersejarah bagi Indonesia menyusul perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Kedua momentum besar ini membawa pengaruh besar terhadap politik Indonesia. Beragam konflik bermunculan dan tokoh-tokoh politik disorot media secara terang-terangan, baik dari sisi baik dan buruknya.

Sebagai kilas balik, Jawaban.com menghimpun berita seputar tokoh-tokoh politik yang paling dibahas media dan publik sepanjang tahun 2014 ini. Berikut 6 tokoh pilihan yang dirangkum seperti di bawah ini.

1. Joko Widodo (Jokowi)

Joko Widodo menjadi figur politikus yang paling diperbincangkan di media sepanjang tahun 2014 ini. Sejak menggeluti dunia politik dan berkiprah sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga terpilih menjadi Presiden RI ke-7, Jokowi seolah memebri magnet tersendiri di tengah negeri ini. Sikapnya yang sederhana, dedikasinya dalam melayani dengan blusukan serta sikap lembut dan tegasnya menyentuh hati rakyat. Sehingga tak dirangukan lagi bahkan dirinya menerima dukungan yang melimpah ruah dalam Pemilihan Presiden 2014 pada Juli 2014 silam. Meski tak terlepas dari beragam propaganda dan kampanye hitam, Jokowi tetap sukses menjadi orang nomor satu di tengah bangsa ini. (baca Jokowi VS Prabowo, Dua Figur Capres yang Berbeda dan Kampanye Hitam Dibuat Karena Sulit Temukan Kelemahan Jokowi ).

2. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok seolah tak lepas dari pembahasan bahkan hingga saat ini. Hal yang paling disoroti dari Ahok sepanjang tahun 2014 ini adalah pengangkatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi yang terpilih sebagai Presiden RI ke -7 (baca Bila Ahok Jadi Gubernur)

3. Prabowo Subianto

Majunya Prabowo Subianto menjadi Calon Presiden tahun ini mengundang hujan pro dan kontra. Perbincangan hangat seputar dirinya terkait dengan keterlibatannya dalam Tragedi Trisakti 1998 yang menyebabkan 13 orang hilang. Hal ini menjadi pertentangan di tengah publik lantaran seorang capres yang terlibat kasus dianggap tak pantas maju sebagai capres. (baca Sekjen PPP Bela Prabowo Atas Targedi Trisakti).

4. Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bisa dikatakan menjadi sosok penerus Joko Widodo, lantaran semangat dan ketulusan melayaninya yang begitu tinggi. Sebagai Wali Kota perempuan yang pertama, wanita yang akrab disapa Risma ini berhasil membuktikan hasil kepemimpinannya di Surabaya. Dedikasinya terhadap pekerjaan bahkan diapresiasi oleh beberapa lembaga menjadi ‘Mayor of the Month for Februari 2014’ dan ‘Primadona Politik’ pada Maret 2014 silam. (baca Rismaharini Dapat Penghargaan Mayor of the Month dan Risma Terima Gelar ‘Primadona Politik' )

5. Hatta Rajasa

Nama Hatta Rajasa muncul sebagai topik pembicaraan sejak di awal tahun 2014, ketika putra bungsunya Muhammad Rasyid Amirullah Rajasa menjadi pelaku insiden penabrakan mobil Daihatsu Luxio dan menyebabkan dua orang tewas pada 2 Januari 2014 silam. Publik menyoroti tindakan hukum terhadap perbuatan Rasyid, sebagai anak pejabat yakni Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator Perekonomian kala itu. Kemudian, dirinya kembali menjadi sorotan media lantaran maju dan terpilih sebagai calon wakil presiden mendampingi pasangan calon presiden Prabowo Subianto. Kehadiran sosok Hatta Rajasa pun mengundang pro kontra sepanjang kampanye pemilihan Presiden 2014 lalu (baca Hatta Rajasa: Kami Keluarga Taat Hukum dan Hatta Rajasa Jadi Cawapres Prabowo Subianto )

6. Ruhut Sitompul

Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul menjadi bahan perbincangan di media tahun ini lantaran sikap-sikapnya yang kerap memunculkan kontroversi. Seperti saat gelaran menjelang Pemilihan Presiden Juli 2014 lalu, Ruhut terang-terangan beralih haluan dari partainya mendukung pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-JK. Hal itu bertolak belakang dengan kritik-kritik tajam yang sempat dilontarkan kepada Jokowi (baca Inilah 4 Kritik Ruhut Saat Belum mendukung Jokowi).

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami