Lakukan Ini Saat Evaluasi Akhir Tahun
Sumber: Latampartnergroup.com

Entrepreneurship / 29 December 2014

Kalangan Sendiri

Lakukan Ini Saat Evaluasi Akhir Tahun

Lori Official Writer
4799
Tahun 2014 akan segera berakhir, adalah penting bagi seorang entrepreneur untuk  menoleh sejenak ke belakang tentang pencapaian sepanjang tahun ini. Miles Jennings, founder sekaligus CEO situs Recruiter.com berbagi tips dengan Anda tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk menutup tahun dan merencanakan target baru di tahun mendatang.

1. Susun tahap pertumbuhan

Perencanaan adalah awal dari kesuksesan. Maka dari itu, susun tahapan pertumbuhan usaha/bisnis Anda di tahun depan. Analisis terlebih dahulu apa trending market yang akan muncul dan bagaimana kondisi pasar sesuai dengan data statistik ekonomi. Selain itu, Anda juga bisa menentukannya lewat hasil kerja Anda sepanjang tahun ini.

2. Mengecek laporan pembukuan

Akhir tahun menjadi momen bagi entrepreneur untuk memeriksa segala hal kecil yang terjadi sepanjang tahun. Pastikan pembukuan selama setahun dan segala dokumen berkenaan dengan pajak yang harus dibayar perusahaan selesai satu bulan sebelum liburan. Periksa laporan keuangan dengan hati-hati, evaluasi dan susun kembali target baru untuk tahun ke depan.

3. Brain Storming dengan karyawan

Karyawan juga patut mengetahui dengan jelas hasil kerja secara keseluruhan selama setahun. Dan hasil tersebut menjadi refleksi tentang tantangan, prestasi, kelemahan, dan rencana yang akan dikerjakan taun depan. Anda juga bisa saja menjamu seluruh karyawan Anda sebagai bentuk apresiasi atas hasil kerja mereka selama setahun.  

4. Evaluasi sistem perusahaan

Setiap perusahaan pasti menerapkan satu sistem tertentu yang menjamin segala pekerjaan berjalan dengan baik. Nah, akhir tahun menjadi saat yang tepat untuk kembali mengevaluasi perjalanannya. Anda bisa menanyakan secara jujur kepada karyawan tentang kesulitan dan kerumitan penerapannya dalam pekerjaan. Jika Anda mendengarkan masukan dari karyawan Anda, pertimbangkanlah itu sebagai bekal untuk mencapai pertumbuhan yang lebih baik lagi bagi perusahaan.

5. Menetapkan tujuan

Langkah ini hampir mirip dengan menyusun tahap pertumbuhan, yang membedakannya adalah penetapan tujuan jangka panjang bagi perusahaan. Bagaimana Anda dan karyawan menerawang tujuan maksimal perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.

Hampir setiap entrepreneur akan sangat disibukkan dengan urusan evaluasi ini di akhir tahun. Meski begitu banyak menguras waktu dan tenaga, penting sekali menetapkan hal ini agar perusahaan yang Anda pimpinan mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Selamat bekerja!

<!--[endif]-->--> Sumber : Andriewongso.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami