Ayo, Ajarkan Anak Mandiri Ke Sekolah

Ayo, Ajarkan Anak Mandiri Ke Sekolah

Tiurma Ida Purba Official Writer
2602
Tak mudah memang untuk mendidik anak untuk mandiri. Salah satu kemandirian anak yang harus dilatih adalah ketika pergi ke sekolah. Memfasilitasi anak dengan berbagai fasilitas memang tidak salah. Namun, jika anak sudah masuk ke Sekolah Dasar sebaiknya anda bisa mengajarinya mandiri. Cobalah untuk tidak menunggu selama anak anda sekolah, hal ini akan mengakibatkan ketergantungan. Ketergantungan anak anda akan membuatnya tidak mandiri.

Berikut ini ada 5 cara untuk mengajarkan anak bersekolah sendiri :

1.  Persiapkan Kemampuan anak anda untuk mengenali identitas sendiri
Sedini mungkin anda harus mengajarkan anak anda untuk mengenal identitasnya. Dari nama, nama panggilan, nama orang tua dan alamat rumah lengkap. Hal ini akan membantu anak anda untuk mengenali lingkungan sekitarnya.

2.  Pastikan Kenyamanan pada anak anda
Jasa jemputan sekolah mungkin dapat membantu anak anda menjadi mandiri. Namun, anda tetap harus berhati-hati. Pastikan jemputan sekolahnya memiliki reputasi pengemudi yang baik. Dan anda harus mengajarkan anak anda untuk taat aturan selama berada di mobil jemputan sekolah. Aturan-aturan yang bisa anda terapkan pada anak anda adalah tidak bercanda berlebihan di mobil dengan temannya dan tidak mengeluarkan kepala atau tangan selama di mobil.

3.  Mengenali aturan Jalan
Nah, jika memang anak anda berjalan kaki dengan teman sekolahnya, cobalah untuk didampingi oleh pengasuh. Anda dapat mengajarkan petunjuk-petunjuk jalan yang harus diketahui ketika berjalan.

4.  Menjalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah
Komunikasi adalah hal yang terpenting dalam sebuah kehidupan. Cobalah untuk menjalin komunikasi di yang baik dengan pihak sekolah. Salah satunya mungkin dengan wali kelas anak anda. Dengan begitu, jika anak belum pulang sekolah anda bisa menghubungi wali kelas anak anda.

5.  Di Hari Libur Anda Kerja Dapat Mendampinginya
Bila anda memiliki hari libur kerja seperti sabtu atau cuti, cobalah untuk mengantar anak anda. Sesekali tidak mengapa, karena meluangkan waktu berdua dengan anak harus dibangun. Dengan demikian anak anda tidak merasa diabaikan.

Nah, jika kemandirian ke sekolah sudah dimulai sejak dini, maka anak anda akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan pantang menyerah. Jangan lupa setiap kali ke sekolah anda harus membiasakan untuk berdoa bersama. Bagaimanapun juga mengawali doa di pagi hari adalah bentuk ucapan syukur atas malam yang telah dilewati dan tetaplah mengandalkan Tuhan untuk melewati hari – hari yang akan dilewati.
Sumber : berbagai sumber/ by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami