7 Politik Besar Sepanjang 2014
Sumber: suarabanten.com

Nasional / 26 December 2014

Kalangan Sendiri

7 Politik Besar Sepanjang 2014

Tiurma Ida Purba Official Writer
2003
 Tahun 2014 akan segera berakhir. Namun, politik di Indonesia tidak akan berakhir. Masyarakat Indonesia harus belajar untuk terus menjadi Bangsa yang bermartabat. Kekurangan-kekurangan di tahun 2014 seharusnya menjadi pembelajaran untuk menjadi baik di tahun 2015.
<!--[endif]-->

Ray Rangkuti, Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menyatakan bahwa  ada tujuh peristiwa politik besar yang terjadi di Indonesia selama tahun 2014, yaitu :

1.  Pemilu Legislatif 2014

Pemilu legislatif  ini dianggap sebagai sistem proporsional terbuka yang dipakai dalam pileg menandai perubahan besar dalam politik Indonesia.

2. Pemilu Presiden 2014

Pemilu Presiden 2014 berjalan sangat ketat. Hal ini dibuktikan bahwa adanya kampanye hitam dari dua calon presiden.

"Pilpres kemarin seperti mengusung menang dan kalah adalah kematian. Ketat, sengit, sampai sekarang masih terasa imbasnya," ungkap Ray ketika di temui di Jakarta Pusat, Senin (22/12/2014).

3.  Drama politik Partai Demokrat

Hal ini jelas sangat menghiasi pro dan kontra pilkada tidak langsung. Menurut Ray, SBY adalah aktor politik yang paling canggih. Hal ini dikarenakan pada awalnya SBY mendukung pilkada langsung, kemudia walk out, sampai pad akhirnya perppu.


4. Dua Kubu di Parlemen

Yang keempat adalah tumbuhnya dua kubu di parlemen, yaitu Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat. Hal yang paling disayangkan adalah cara parlemen menyelesaikan konfliknya dengan merevisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD karena hanya mengedepankan kepentingan partai dan golongan tanpa mendengar masukan dari pihak lain.

5.  Pemimpin Daerah yang Naik Mejadi Pemimpin Tingkat Nasional

Wah, ini adalah hal yang paling unik kelihatannya. Banyak pemimpin daerah yang muncul ke permukaan. Sepertinya masyarakat Indonesia sudah mulai bosan dengan kepemimpinan modern. Mereka leboh suka dengan blusukan. Kini saatnya pemimpin daerah untuk bangkit menjadi pemimpin-pemimpin yang tidak dipandang dengan sebelah mata.

6. Ahok Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Ahok menjadi gubernur adalah hal yang istimewa. Hal ini dikarenakan karena Ahok adalah kaum dari minorotas. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memang memiliki budaya dan suku yang beragam namun tetap satu.


7. Ratusan Ribu Orang Dukung Kampanye Jokowi-JK

Ini yang buat politik di Indonesia semakin nyata. Dukungan terhadap Jokowi dan JK merupakan sejarah yang mendunia. Masyarakat Indonesia begitu antusias mendukung Jokowi menjadi Presiden. 

Demikianlah 7 Politik besar sepanjang 2014. Semoga politik 2015 di Indonesia semakin positif sehingga tercipta kemakmuran dan kesatuan bangsa. Selamat menyonsong tahun 2015.  

Sumber : berbagai sumber/ by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami