6 Isu Terheboh Agama Tahun 2014

Internasional / 26 December 2014

Kalangan Sendiri

6 Isu Terheboh Agama Tahun 2014

Lori Official Writer
3163
Tahun 2014 akan segera usai, namun banyak sudah peristiwa yang terjadi menghiasi perjalanannya hingga di penghujung tahun. Dari sejumlah peristiwa yang terjadi, terdapat 6 isu agama terheboh yang menimbulkan ketakutan dan simpati dunia Internasional, yakni mulai dari intoleransi, konflik negara dan ancaman-ancaman berbahaya dari kelompok tertentu, seperti dihimpun oleh Jawaban.com berikut:

#1. Perang Israel-Palestina

Kristen, Islam dan Yahudi adalah tiga agama yang memiliki banyak kesamaan sejarah. Namun konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel yang selama puluhan tahun, kerap kali mengaitkan ketiga agama tersebut sebagai akar masalah. Akibatnya, banyak negara yang mengutuki tindakan penyerangan Israel yang dianggap negara Yahudi dan Kristen sebagai tindakan keji terhadap Palestina yang diduduki oleh mayoritas umat Muslim.

#2. ISIS di Irak

Semenjak Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) terus melakukan teror, banyak umat Kristen di Irak yang pergi meninggalkan negara mereka. Namun, ada juga yang masih berada di sana, dengan rasa takut yang luar biasa. Bagi mereka yang tinggal di Irak, hanya ada tiga pilihan yang bisa mereka lakukan. Bayar pajak bagi non Muslim (sesuai dengan hukum syariah), meninggalkan negeri kelahiran mereka, atau kehilangan kepala.

#3. Konflik Ukraina

Pada bulan Februari 2014 lalu, terjadi demonstrasi besar-besaran di ibu kota Kiev, Ukraina. Pemerintahan Presiden Victor Yanukovich diprotes oleh rakyat Ukraina lantaran menolak kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa dan memilih untuk tetap menjalin hubungan dengan Rusia. Konflik ini lalu melebar pada perebutan kota Kiev yang mengundang campur tangan Amerika dan Rusia. Kekacauan di Ukraina menelan banyak korban, sehingga menimbulkan ketakutan bagi rakyat Ukraina tak terkecuali bahkan gereja-gereja turut menyerukan doa bersama. 

#4. Kontroversi penggunaan kata Allah di Malaysia

Pada Januari 2014 silam, Malaysia kembali memunculkan konflik tentang kontroversi penggunaan kata Allah oleh non-Muslim. Khususnya umat Kristen sebagai kaum minoritas mengaku resah lantaran dilarang memakai kata Allah. Kasus ini bahkan sudah dibawa dalam sidang banding oleh Gereja Katolik Malaysia pada Maret 2014 silam.

Adalah menjadi harapan setiap pribadi, bangsa dan dunia Internasional agar di tahun yang baru nanti terciptanya persatuan, perdamaian bagi bangsa-bangsa dan keadilan bagi kaum minoritas. 

#5. Penyegelan Gereja GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia

Untuk kesekian kalinya sejak Februari 2012, jemaat gabungan dari GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia mengadakan ibadah di depan Istana Merdeka. Tepat pada Februari 2014 silam kembali melakukan ibadah sekaligus menuntut pembukaan segel gereja kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Perwakilan gereja, Bona Sigalingging mengaku GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia terpaksa melakukan itu karena gedung tempat biasa mereka beribadah masih terus disegel Pemkot Bogor dan Pemkab Bekasi.

#6. Hilangnya Pesawat MH370

Hilangnya pesawat MH370 pada 8 Maret 2014, mengundang perhatian dunia untuk bersama-sama berdoa bagi keselamatan dan para korban. Ajakan doa ini menyebar luas melalui media sosial Twitter dengan hastag "PrayForMH370" lewat akun resmi yang dikelola atas nama MH370 atau @MH370flight.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami