Kaleidoskop 2014: Inilah 10 Penemuan Teknologi Tercanggih
Sumber: Politico.com

Entertainment / 23 December 2014

Kalangan Sendiri

Kaleidoskop 2014: Inilah 10 Penemuan Teknologi Tercanggih

Lori Official Writer
26866
Di zaman ini, manusia dan teknologi  seolah tidak lagi terpisahkan. Hampir seluruh aktivitas manusia sudah mengandalkan teknologi seiring munculnya beragam produk-produk teknologi canggih dalam bidang Teknologi Informatika (TI), kesehatan dan pendidikan. Pertumbuhannya begitu terasa di sepanjang tahun 2014, salah satu inovasi terbaru yang muncul adalah nanoteknologi, atau manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular.

Berikut 10 teknologi paling spektakuler di tahun 2014, seperti dilansir Okezone.com:

1 Nanobots DNA

Nanobots DNA adalah inovasi terbaru yang berfungsi untuk mengontrol molekul pada sel tertentu. Inovasi yang difungsikan untuk mendeteksi penyakit kanker ini resmi diluncurkan pada bulan Februari 2014 lalu oleh tim peneliti dari Israel.

2. Nanotubes

Pada bulan Maret lalu, Tim dari Massachusets Institute of Technology (MIT) dan CalTech melakukan uji coba teknologi dalam bidang fotosintesis pada tanaman lewat Nanotubes. Nanotubes ini adalah molekul karbon besar yang membentuk tabung dengan termal dan sifat elektrik yang  tidak biasa. Saat nanotubes dimasukkan ke dalam kloroplas tanaman maka akan menghasilkan proses fotosintesis pada tanaman tersebut.

3. Mini Robot

Agustus 2014, jurnal science melaporkan bahwa sebanyak 1000 mini robot di Havard mampu merakit dirinya sendiri. Robot yang diciptakan untuk pekerjaan industri ini berperan besar saat disatukan dalam kawanan.

4. Pesawat Drone, Pengirim Jasa Masa Depan

Pesawat tanpa awak atau disebut dengan Drone sudah banyak digunakan sebagai jasa pengantaran paket penjualan. Seperti yang dilakukan Google, menggunakan Drone sebagai pengantar coklat ke peternakan di Queensland pada Agustus 2014 lalu.

5. Sel-sel Hidup yang Membantu Perbaikan Sumsum Tulang Belakang

Masih dalam bidang medis, tahun 2014 menjadi masa dimana para ahli dari Wrocraw Medical University menemukan inovasi baru untuk pemulihan sistem saraf yang bermasalah. Para ahli mencoba mengambil sel hidup dari tubuh si pasien lalu sel itu ditransplantasikan untuk merangsang saraf yang terputus agar tumbuh dan menyatu kembali. Obat baru ini juga berfungsi untuk menyembuhkan pasien dari sakit sumsum tulang belakang.

6. Robot bentuk kerang

Seorang peneliti dari Max Planck Institute di Jerman menciptakan sebuah robot kecil yang dapat berenang di aliran darah dan dapat memperbaiki kerusakan jaringan dan membersihkan sisa obat-obatan.

7. Mikrochip Membantu Orang Lumpuh

Sebuah mikrochip bernama Neurobridget diciptakan khusus untuk membangun orang lumpuh dalam merangsang otot untuk bergerak dengan mengikuti pola yang sudah dibuat oleh otak.

8 Pesawat Luar Angkasa ‘Probe Philae

Penyelidikan Badan Antariksa Eropa Rosetta pada 12 November merilis ‘Probe Philae’ yang menjadi pesawat luar angkasa pertama kali yang mendarat di komet.

9. Green Power dan Clean Water

Inovasi terbaru bernama Sunflower hadir memebrikan kemudahan bagi mereka yang gemar merawat tumbuhan. Inovasi ini berperan untuk menyiram tanaman secara otomatis.

10. Printer 3D

Printer 3D saat ini sudah menjadi teknologi yang berkembang. Perkembangannya terlihat dari salah satu tim berasal Amsterdam memulai proyek pembangunan seluruh rumah menggunakan printer 3D.

Kehadiran inovasi terbaru di atas memang membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Tidak ada masalah dengan itu sejauh dapat difungsikan untuk tujuan kemanusiaan.

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami