Nilai Tukar Rupiah Sentuh Level Terendah!

Nasional / 16 December 2014

Kalangan Sendiri

Nilai Tukar Rupiah Sentuh Level Terendah!

daniel.tanamal Official Writer
1956

Saat ini nilai tukar rupiah kembali menyentuh level terendah. Hingga Selasa (16/12/2014), nilai tukar ini melanjutkan pelemahan yang terjadi pada hari sebelumnya di tengah spekulasi mengenai aksi jual di bursa negara-negara berkembang.

Dirilis Bloomberg, rupiah anjlok 1,5 persen menjadi Rp 12.896 per dollar AS pada pukul 09:04. Level itu turun sebesar 1,9 persen dari penutupan hari sebelumnya. Sementara itu di pasar off shore, nilai rupiah di pasar non-deliverable forwards (NDF) untuk kontrak satu bulan turun 0,6 persen menjadi Rp 13.160, setelah melemah 5 dalam perdagangan dua hari terakhir.

Meski demikian, anjloknya rupiah tak separah yang dialami oleh mata uang Rusia, ruble, yang sejauh ini telah melemah hingga 9,3 persen. Sementara itu, mata uang lira Turki telah melorot sebesar 3,3 persen kemarin, dan rand Afrika Selatan yang telah turun 1,4 persen. Bloomberg mencatat dana asing yang keluar dari pasar emerging market mencapai 2.miliar dollar AS.

senior foreign-exchange strategist ANZ Banking Group Ltd Singapura, Khoon Goh
mengatakan bahwa Melemahnya rupiah berdampak juga kepada mata uang negara-negara di kawasan Asia Tenggara. “Karena investor melihat bahwa pelemahan akan terus terjadi. Kami telah melihat banyak dana dari portofolio yang ada di Indonesia, seperti surat utang dan saham. Ketatnya likuiditas pada akhir tahun juga menyebabkan pergerakan nilai tukar semakin memburuk,” lanjutnya.

Khusus dari pasar Indonesia, dana asing yang telah keluar dari pasar surat utang pemerintah mencapai Rp 10,2 triliun dan sebesar 243 juta dollar AS dari pasar saham. Bank Indonesia telah mematok kontrak rupiah di level Rp 12.599 per dollar AS, atau level terendah sejak Mei 2013. Yield surat utang pemerintah yang jatuh tempo pada Maret 2024 naik 2 basis poin atau 0,02 persen menjadi 8,47 persen.


<!--[endif]-->--> Sumber : Bloomberg
Halaman :
1

Ikuti Kami