Kekuatan Militer Siap Beking Ahok?

Kekuatan Militer Siap Beking Ahok?

Theresia Karo Karo Official Writer
7085
Panglima TNI Jenderal Moeldoko memberikan tanda kehormatan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berupa baret hitam dan brevet kehormatan mitra ketahanan daerah TNI. Peristiwa ini berlangsung saat upacara yang digelar di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin (12/12).

Menurutnya, peristiwa ini sebagai simbol bahwa TNI dan para Gubernur di seluruh Indonesia memiliki pemahaman yang sama dalam kerja sama pembangunan sistem pertahanan Negara sejak dini. “Sebagai gubernur, Pak Ahok memiliki inisiatif tinggi soal ini,” jelas Moeldoko.

Menyamakan pemahaman ketahanan daerah ini sangat penting untuk menjaga stabilitas Negara dalam pemberlakuan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta di seluruh Indonesia. “Untuk itulah perlu sinergitas serta kolaborasi aktif dan proaktif di dalam mengusung sistem itu. Kami memposisikan dan menempatkan para Gubernur di seluruh Indonesia sebagai mitra strategis dalam membangun sistem pertahanan negara. Dan, posisi Pak Ahok ada di situ,” papar Moeldoko.

Disamping itu, dia juga menyatakan bahwa TNI juga siap membantu para Gubernur bila diperlukan. “Enggak usah ragu. Semua TNI akan membantu.” Menurutnya, kekuatan militer bukan hanya milik Panglima TNI, melainkan juga milik Gubernur juga. Namun yang terpenting hal ini bukan dilakukan untuk kepentingan pribadi melainkan demi kesejahteraan dan keamanan rakyat Indonesia.

Baret dan brevet ini juga bisa digunakan Ahok untuk mengambil alih posisi inspektur upacara militer. Menurutnya, pemerintah daerah dan TNI sama-sama saling membutuhkan dalam mengamankan sumber daya nasional.

Sumber : Kompas/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami