Tiurma Ida Purba

Official Writer
2630


Di Indonesia pejabat pemerintah begitu di segani dan di hormati. Hal ini dapat kita lihat pada setiap acara, pejabat pemerintah sering kali didahulukan daripada yang lain. Misalnya mereka tak perlu ikut antri. Bagi sebagian pejabat mungkin ini adalah sebuah penghormatan yang tidak dapat ditolak. Namun berbeda dengan Lukman Hakim Saifuddin yang tidak suka dengan perlakuan seperti itu.

Ditemui di Kementrian Agama, Jakarta, Kamis (11/12/2014) mengungkapkan bahwa dirinya memang harus menjadi teladan bagi sekelilingnya, dalam bekerja atau dihadapan publik sekalipun. Tapi, dirinya tidak setuju dengan jabatannya sebagai Menteri Agama mendapat pelayanan khusus saat keadaaan tertentu.

Kepada Antara, Lukman menceritakan kisahnya saat datang ke tempat pernikahan temannya. Saat ingin bersalaman dengan kedua mempelai, namun Lukman mendapat layanan khusus dan tidak perlu mengantri. Kisah lain yang pernah dialaminya adalah saat ingin ke kantor atau ke tempat lain, Lukman mendapat pengawalan di jalan raya dan menyebabkan jalanan macet. Sehingga menyebabkan pengguna jalan lain merasa kesal dan banyak yang mengucapkan sumpah kepadanya.

“Saya merasa sakit juga. Sakitnya di sini,” ujar Lukman. Pernyataannya ini mendapat respon tawa para hadirin. Dia menjelaskan bahwa dia sebenarnya tidak ingin mendapat perlakukan yang berlebihan saat dia menghadiri acara diluar pekerjaannya. Walaupun memang dia menyadari bahwa pelayanan seperti itu sudah ada dalam Undang-Undang sebagai menteri.

Dalam perbincangannya, dia mengajak jajaran Kementrian Agama khususnya untuk mengedepankan lima nilai budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovatif, bertanggung jawab, dan keteladanan.

Baginya budaya kerja tidak dapat lepas dari sistem yang dibangun. Misalnya bila sistem yang dibangun baik dan dipatuhi maka akan membentuk karakter setiap orang menjadi baik. Dia memberikan contoh lebih spesifik, ketika warga Indonesia  yang pergi ke Batam (Kepri) dan menyebrang ke Singapura, maka mereka akan mengikuti aturan tidak boleh membuang sampah dan mematuhinya bersama aturan-aturan lainnya.

Singapura memang akan mendorong warga Indonesia menjadi pribadi yang disiplin. Namun, terkadang manusia suka kembali ke watak aslinya ketika pulang ke Indonesia. Dia berharap bahwa masyarakat Indonesia dapat menjalankan lima nilai budaya kerja dalam kehidupan nyata agar menjadi manusia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

 

Sumber : berbagai sumber/by tiur


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7255

Banner Mitra Juni Week 1-2