Uniknya Perayaan Natal di Gunung Ingino Ini
Sumber: www.amusingplanet.com

Internasional / 12 December 2014

Kalangan Sendiri

Uniknya Perayaan Natal di Gunung Ingino Ini

Lori Official Writer
3874
Selalu ada hal baru yang dilakukan oleh umat Kristiani di berbagai belahan negara dalam menyambut perayaan kelahiran sang Juru Selamat tiap tahunnya. Salah satunya adalah tradisi pemasangan pohon Natal raksasa di kota Gubbio, Italia Utara.

Dalam tradisinya, penduduk kota Gubbio akan menyambut Natal dengan pemasangan pohon Natal yang terbuat dari 1000 buah bola lampu warna warni di lereng Gunung Ingino. Proses pemasangannya terbilang cukup lama, mereka membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk merangkai lampu-lampu menyerupai pohon Natal. Setelah terpasang sempurna, Pohon Natal lampu ini akan dinyalakan menerangi malam kota Gubbio.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1981, ketika warga Gubbio merayakan Natal dengan cara yang berbeda. Mereka berinisiatif membuat pohon Natal raksasa di tengah lereng agar bisa dinikmati semua warga. Sejak 2010, penduduk pun mulai memanfaatkan tenaga matahari sebagai penerangan pohon raksasa tersebut. Bagi penduduk, pohon Natal ini dijadikan sebagai simbol terang dalam sosok Kristus.

Pada tahun 1991, pohon Natal ini bahkan masuk dalam rekor Guinness World sebagai The World Largest Christmas Tree atau pohon Natal terbesar dunia.  Tradisi unik ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan setiap tahunnya di kota Gubbio. Tak hanya menjadi pengikat kehangatan di antara penduduk yang memperingati kelahiran sang Juru Selamat, namun pohon Natal ini juga dianggap sebagai pengagungan kepada Santo Ubaldo, seorang uskup di abad ke-12 yang dianggap sebagai pelindung kota Gubbio.

Sumber : Viva.co.id/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami