6 Ide Bisnis di Akhir Tahun
Sumber: Google

Entrepreneurship / 10 December 2014

Kalangan Sendiri

6 Ide Bisnis di Akhir Tahun

Theresia Karo Karo Official Writer
5143
Bulan Desember sangat identik dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. Berbagai pusat perbelanjaan atau mall menawarkan potongan harga yang fantastis. Namun, tidak hanya mall saja yang bisa memanfaatkan moment ini. Selama ada usaha dan kreatifitas, Anda juga bisa mendulang pundi-pundi rupiah dengan ide bisnis seperti berikut:

Catering Kue
Pada saat Natal, biasanya sanak saudara atau tetangga saling berkunjung untuk berbagi sukacita. Untuk suguhan, pada umumnya tuan rumah akan menyajikan kue-kue seperti kue kering, tart atau cupcakes. Ini menjadi kesempatan Anda untuk menawarkan kue buatan Anda dan jual kepada teman kantor, teman arisan, atau tetangga.

Jasa Bungkus Kado
Bagi sebagian orang, bertukar kado pada saat Natal adalah saat yang dinantikan. Mungkin mudah untuk mencari kado yang spesial, namun banyak orang yang juga menginginkan bungkusnya terlihat spesial. Bila memang Anda memiliki bakat dan waktu, kenapa tidak mencoba untuk membuat jasa bungkus kado selama liburan.
 
DIY Pernak-Pernik Natal
DIY merupakan singkatan dari Do It Yourself. Biasanya merupakan hasil kerajinan tangan. Bila selama ini anda hobi dalam membuat beragam pernak-pernik, kenapa tidak mulai dipasarkan. Buatlah pernak-pernik yang berhubungan dengan Natal dan Tahun Baru. Banyak tutorial di internet yang menawarkan cara pembuatan pernak-pernik Natal yang unik dan tidak pasaran.

Kartu Ucapan
Kunci dalam menyampaikan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru kepada orang lain adalah personalisasi. Semakin eksklusif, maka semakin spesial-lah kartu ucapan tersebut. Anda bisa membuat kartu ucapan sesuai pesanan teman-teman Anda, dan buatlah dengan tangan atau ide pribadi yang pastinya tidak dijual di pasaran. Pasti banyak yang tertarik dengan kreasi Anda.

Jasa Fotografi
Momen Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan orang untuk berfoto, baik bersama keluarga, pasangan, teman maupun perorangan. Ini merupakan ide bagus bagi yang punya kamera. Anda bisa membuat layanan jasa fotografi. Siapkan background (latar) yang sesuai dengan tema perayaan.

Buat Layanan Pengantaran Bingkisan
Penulis teringat dengan masa Valentine di bangku sekolah: seorang agen bingkisan akan mengantarkan hadiah Valentine dari seorang perempuan kepada seorang laki-laki, dan nama si pengirim dirahasiakan. Terkadang si agen ini sengaja datang lebih pagi untuk meletakkan hadiah di meja atau bangku si penerima, sehingga kesannya misterius. Mungkin ide ini bisa diterapkan untuk hadiah Natal dan Tahun Baru yang dikirimkan kepada rekan di kantor, saudara, atau tetangga. Biarkan Anda yang mengantarkan dan menciptakan kejutan di hati setiap penerima bingkisan Anda.

Sumber : Entrepreneur/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami