Pilih Tabungan atau Asuransi Pendidikan ?
Sumber: female.kompas.com

Investment / 10 December 2014

Kalangan Sendiri

Pilih Tabungan atau Asuransi Pendidikan ?

Tiurma Ida Purba Official Writer
5756

Biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Hal ini terbukti bahwa pendidikan memang sangat penting. Orang tua saat ini sangat memperhatikan pendidikan anaknya, mereka sangat ingin menyekolahkan anaknya di tempat yang berkualitas. Namun, biaya-biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Beberapa survei melansir cara yang paling banyak dipilih orang tua untuk pendidikan anaknya yaitu :

#Survei Harian Kompas pada tahun 2012, menyatakan hampir 90% orang tua menyebut tabungan pendidikan adalah pilihan terbaik.

#Survei Majalah SWA tahun 2012, menyatakan kepemilikan tabungan berjangka, jenis tabungan pendidikan, lebih banyak digunakan daripada reksadana.

Namun jangan khawatir anda memiliki beberapa cara agar pendidikan anak anda terjamin. Anda dapat menabung atau mengasuransikan pendidikan anak anda. Dua pilihan ini jelas berbeda, berikut perbedaannya :

1. Tabungan merupakan Produk Bank. LPS menjamin setiap dana yang ada di bank. Anda tidak perlu khawatir jika bank collapse, maka tabungan anda tetap aman.

Sedangkan Asuransi pendidikan adalah produk perusahaan asuransi, bukan merupakan produk utama dari bank. Jadi hanya sejenis unit link, tidak ada jaminan oleh bank.

 

2. Suku Bunga

Tingkat bunga di bank sudah pasti. Apabila dalam sebulan anda mendapat bunga 1 %, maka bunga yang akan dibayarkan pada anda adalah sebesar bunga yang sudah ditetapkan.

Sedangkan asuransi tidak tergantung dengan bank, tetapi tergantung pada kinerja investasi yang sudah anda pilih atau resikonya. Bunga pada asuransi tidak pasti dan jumlah investasi juga bisa naik/turun bahkan tetap.

 

3. Yang perlu diketahui Bank membayar premi untuk proteksi asuransi tabungan pendidikan, karena jumlah pertanggungannya terbatas. Nilai proteksi asuransi pada tabungan pendidikan biasanya lebih rendah daripada unit – link.  Contohnya : produk tabungan pendidikan hanya mengganti sampai maksimum jumlah setoran dalam jumlah tertentu saja, selebihnya tidak akan diganti.

Berbeda dengan proteksi asuransi pendidikan, nilainya tidak terbatas. Dikatakan tidak terbatas karena memang nasabah membayar sendiri sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Jelas bukan perbedaannya, setiap jenis memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Anda harus cermat dalam memilih untuk masa depan anak anda, pastikan bahwa pilihan anda tepat sehingga pendidikan anak anda juga terjamin.

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami