11 Trik Sederhana Tingkatkan Kualitas Kinerja
Sumber: warnabisnis.com

Career / 9 December 2014

Kalangan Sendiri

11 Trik Sederhana Tingkatkan Kualitas Kinerja

Theresia Karo Karo Official Writer
3554
Sudah tidak dipungkiri bahwa kualitas kinerja seseorang mempengaruhi kesuksesan karir. Selain itu didukung semangat juang yang tinggi untuk memberikan yang terbaik semakin membantu anda untuk mencapai kesuksesan. Picu produktivitas diri melalui langkah-langkah sederhana berikut:

1. Bukan Sekedar Cita-cita, Terapkan Sistem!

Jangan berharap kita bisa menjadi sukses hanya dengan bergantung pada cita-cita. Kita harus bersiap dengan menciptakan sebuah sistem demi mencapai target. Misalnya, anda bercita-cita untuk memiliki hubungan yang harmonis dengan klien, namun hal ini tidak akan cukup bila tidak didukung aksi nyata. Anda harus aktif menghubungi dan menanyakan apa ada masih ada kekurangan dari apa yang anda kerjakan. Daripada sekedar berharap, fokuslah pada tindakan anda.

2. Tetapkan Keinginan yang Sulit Diraih
Saat kita merasa bahwa sesuatu itu gampang dicapai, maka bukan tidak mungkin hal ini justru menyebabkan anda semakin malas berusaha. Untuk menjaga agar tetap produktif, segera keluar dari zona nyaman. Sehingga kita dapat melihat lebih luas dan menemukan hal-hal dan pengalaman yang baru.

3. Buat Skala Prioritas
Tentukan apa yang paling penting dan mendesak untuk dikerjakan. Sesampainya di kantor, biasakan untuk selalu membuat agenda kerja. Sehingga kita mengetahui prioritas utama dalam kantor.

Selain itu, utamakan untuk melakukan hal terpenting bagi anda. Seperti hal-hal yang mendukung kesuksesan, menambah penghasilan, dan lainnya. Singkirkan hal-hal tidak penting, sehingga setiap hari dapat lebih produktif.

4. Tentukan Batas Waktu
Buatlah batas waktu untuk mengerjakan hal penting dalam pekerjaan. Dengan menetapkan tenggat waktu, anda akan terpacu dan menjadi lebih fokus, lebih semangat, dan pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan.

5. Berani Berkata Tidak!
Terkadang untuk melindungi agenda kerja anda, beranilah berkata tidak kepada rekan kerja. Setidaknya, sesering anda mengucapkan kata ya ketika anda sudah bersikap kooperatif dalam tim kerja. Karena pada saat anda terus saja mengatakan ya pada hal-hal yang bukan menjadi tanggung-jawab anda, maka hal ini akan membuat anda merasa terbebani dan kewalahan dalam penyelesaiannya.

6. Jangan Lupa Beristirahat

Bekerja keras tentu akan terlihat baik. Namun bila anda tidak beristirahat dan memaksa tubuh dan otak, yakin hasilnya masih maksimal? Sejenak, beri waktu bagi otak untuk beristirahat dan mengisi energi kembali. Setidaknya bila anda sudah bekerja selama 1 jam, maka beri jeda 5 hingga 10 menit untuk menghindari kelelahan.

7. Jangan Menunda Pekerjaan
Saat anda dibebankan pekerjaan yang mudah dan anda yakin bisa menyelesaikannya dalam 5 menit, jangan pernah menundanya. Kerjakan saat itu juga! Bila semakin menunda, maka akan mengganggu pengerjaan tugas selanjutnya.

8. Olahraga Pagi

Tahukah anda, selain sehat ternyata olahraga dapat menambah energi, meningkatkan mood hingga 12 jam setelah beraktivitas dan membuat anda lebih cerdas. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit di pagi hari, anda dapat lebih produktif sepanjang hari.

9. Perhatikan Asupan
Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, karena ini menjadi sumber energi anda. Penuhi kebutuhan anda dengan makanan yang bergizi seperti protein, sayur, dan buah. Jauh lebih naik bila anda membawa makanan dari rumah, sehingga kebersihannya lebih terjamin. Disamping itu,  jangan lupa untuk rajin minum air putih.

10. Beri Waktu untuk Refreshing
Weekend dapat menjadi kesempatan bagi anda meluangkan waktu bagi orang-orang yang disayangi. Kehadiran mereka teryata cukup berpengaruh dalam kehidupan anda. Ketika dikelilingi orang-orang yang meningkatkan kualitas hidupmu, maka anda akan merasa semakin termotivasi, lebih bersemangat, dan lebih bahagia.

11. Pacu Diri dengan Kesuksesan Kecil yang Diraih

Bersyukurlah atas apa yang sudah anda raih sehingga anda dapat berpikiran jauh lebih positif kedepannya. Meskipun kecil, kesuksesan kecil ini dapat menjadi motivasi anda untuk menciptakan kesuksesan lain kedepannya. Karena pada saat anda berani melakukan langkah kecil, maka suatu hari nanti tanpa disadari anda semakin dekat dengan mimpi besar selama ini.

Sumber : Hipwee/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami