11 Strategi Sukses Berinvestasi dari Warren Buffet

11 Strategi Sukses Berinvestasi dari Warren Buffet

Theresia Karo Karo Official Writer
6796
Salah satu nama yang terkenal sebagai investor sukses adalah Warren Buffet. Dirinya sudah memulai karir di bidang investasi sejak berumur 11 tahun dengan membeli 3 lot saham Cities Service Preferred pada harga $38. Sayangnya dia mengalami kegagalan di investasi pertamanya. Meskipun begitu hal ini tidak lantas membuatnya berhenti. Melalui kegagalannya, Warren belajar untuk tetap belajar.

Saat ini dirinya dikenal sebagai investor sukses dunia ditambah dengan keputusan-keputusannya dalam melakukan investasi dengan cermat dan menguntungkan. Sehingga banyak para investor pemula uang mengikuti jejaknya. Berikut 11 strategi sukses dalam investasi oleh Warren Buffet:

  1. Utamakan untuk membeli perusahaan yang bagus di harga yang wajar, dibandingkan dengan harga yang tinggi. Untuk menemukan investasi yang bagus, anda tidak perlu menunggu menjadi jenius, atau ilmuwan investasi.
  2. Karena investasi bukan perkara, orang yang memiliki IQ tinggi menang dari orang dengan IQ rendah. Namun dalam investasi anda perlu pahami pasar, portofolio, dan seluk-beluk perusahaan.
  3. Jangan beli saham karena tren pasar. Tetapi cermati dengan seksama, cek portofolio perusahaan dan selidiki potensi pasarnya.
  4. Ketahui bahwa waktu terbaik membeli perusahaan adalah saat perusahaan itu bermasalah.
  5. Jangan mau dibutakan keuntungan besar. Karena garis pembeda antara investasi dan spekulasi terlihat sangat ‘tipis’. Hal ini untuk menghindari anda dari kerugian.
  6. Pilihlah investasi jangka panjang, minimal 5 tahun. Tetapkan mindset anda sebagai investor jangka panjang.
  7. Selamanya merupakan waktu yang pas untuk memegang produk investasi. Saat anda memiliki porsi investasi bisnis yang bagus dengan manajemen yang bagus, maka ini dapat menjadi jalan terbaik untuk memegang investasi tersebut untuk selamanya.
  8. Pilihlah saham atau produk investasi yang dapat dijalankan dengan mudah. Karena cepat atau lambat, suatu saat investasi itu akan memberikan keuntungan.
  9. Sebagai investor anda harus dapat membedakan antara kegembiraan dan modal untuk investasi. Karena keduanya sangat bertolak belakang dalam investasi.
  10. Karena pasar saham adalah permainan, sehingga anda tidak harus berpindah saat ada kesempatan. Sebaiknya sebelum pindah portofolio anda berkonsultasi dengan manajer keuangan untuk menemukan solusi terbaik.
  11. Perluas jangkauan investasi ke berbagai sudut pasar global. Ketika anda berpegang pada berbagai sektor, seperti perawatan kesehatan, industri, barang keuangan, dan konsumer, maka anda mampu mengatasi gejolak pasar dan meraup keuntungan saat terdapat kenaikan.
Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami