Nasib Perppu Pilkada Dipertemuan Jokowi-SBY

Nasional / 8 December 2014

Kalangan Sendiri

Nasib Perppu Pilkada Dipertemuan Jokowi-SBY

Lori Official Writer
3527
Peraturan pemerintah pengganti undang-undang tentang pemilihan kepala daerah (Perppu Pilkada) kembali menjadi topik pembahasan terhangat belakangan ini, pasalnya Partai Golkar kabarnya mengangkat isu penolakan pengesahan kebijakan tersebut bertepatan dalam gelaran Musyawarah Nasional (Munas) IX Golkar di Bali belum lama ini.

Menyikapi hal itu, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak Presiden Joko Widodo berembuk tentang nasib Perppu Pilkada ke depan. Untuk itu, keduanya telah menggelar pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (8/12).

Dalam pernyataannya, SBY menegaskan langkah ke depan tentang kebijakan ini kepada Presiden Jokowi selaku penerus pemerintahannya. “Kebetulan kami punya posisi yang sama untuk bersama-sama mengawal Perppu itu sehingga Insya Allah bisa diterima oleh DPR,” terang SBY seusai pertemuan seperti dilansir Antaranews.com, Senin (8/12).

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 40 menit itu, SBY menuturkan telah mendapatkan kesepakatan dengan presiden Jokowi terkait pemilihan kepala daerah yang sesuai dengan hasil aspirasi rakyat dan keberlanjutan demokrasi. “Terutama dalam pemilihan kepala daerah. Intinya dua itu yang kami tukar pikiran dan bahasnya dalam situasi yang amat baik, 100 persen (sepakat). Mudah-mudahan baguslah untuk ke depannya begitu,” terang SBY.

Senada dengan itu, Jokowi menyatakan bahwa kesepakatan sesuai dengan harapan dan pilihan rakyat. Masih ada waktu bagi pemerintah untuk kembali membahas  pengesahan Perppu Pilkada secara mendalam hingga Januari 2015 mendatang.

Selain membahas hal itu, SBY selaku Ketua Global Green Growth Institute (GGGI) turut mengundang Presiden Jokowi menghadiri GGGI Summit yang akan digelar pada Juli 2015 di Bali. Ini adalah pertemuan keduanya semenjak pisah sambut pelantikan Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2014 lalu di Istana Merdeka.

Sumber : Antaranews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami