Kue Kembang Goyang yang Terlupakan
Sumber: www.kitchen-journal.com

Entertainment / 8 December 2014

Kalangan Sendiri

Kue Kembang Goyang yang Terlupakan

Tiurma Ida Purba Official Writer
11685

Kembang Goyang adalah kue tradisional asal Betawi. Mengapa disebut kembang goyang? Kue ini adalah jajanan kuno yang saat itu di gemari masyarakat. Namanya “Kembang Goyang” karena bentuknya yang mirip dengan kelopak kembang dan cara membuatnya harus digoyang-goyang sampai adonan terlepas dari cetakan.

Bahan dasar kue ini sangat sederhana yaitu tepung beras atau tepung ketan. Namun, kue ini sudah jarang ditemui di acara-acara besar seperti idul fitri, natal atau arisan. Kue kembang goyang sudah mulai dilupakan karena memang banyak juga muncul kue-kue khas tradisional lain. Meskipun demikian, masih ada juga beberapa orang yang memang menggemari kue ini.

Seiring perkembangan waktu, sudah banyak juga yang membuat varian kue kembang goyang ini. Misalnya saja, warnanya sudah bermacam-macam, ada yang coklat, merah, atau hijau. Rasanya juga sudah beragam, misalnya rasa pandan, pedas, asin bahkan gurih keju.

Tidak hanya Betawi yang menggemari kue ini, tetapi banyak juga daerah lain yang sangat menyukainya. Sebutan di tiap daerah pun berbeda-beda, yaitu kembang loyang, matahari atau antari.

Berikut ini ada beberapa resep untuk membuat “ Kue Kembang Goyang Pandan” :

Bahan/ Bumbu :

Minyak untuk menggoreng

150 gram tepung pasir

1 butir telur, dikocok lepas

¼ sendok teh garam

150 ml santan dari ¼ butir kelapa

250 ml air daun suji dari 30 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan

15 gram wijen

25 gram gula pasir halus

Cara membuatnya :

1.  Pertama-tama campur dan aduk semua bahan sampai larut.

2.  Kedua, panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan. Usahakan apinya sedang saja ( jangan terlalu besar).

3.  Lalu celupkan cetakan ke dalam adonan hingga bibir cetakan saja. Kemudian masukkan       cetakan ke dalam minyak sambil di goyang-goyang sampai terlepas.

4.  Setelah itu goreng sampai matang, angkat, dan keringkan.

5.  Setelah dikeringkan, sebaiknya dinginkan dulu sebelum masuk ke dalam toples.

Wah, cukup mudah kan membuat “ Kue Kembang Goyang”. Mungkin, dalam waktu dekat ini anda akan kedatangan tamu – tamu, atau dalam menyambut natal akan banyak keluarga besar yang berkunjung ke rumah anda. Kue kembang goyang sepertinya cocok untuk disantap bersama keluarga. 

Sumber : sajiansedap.com/jawaban.com by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami