4 Fakta Natal yang Mungkin Belum Anda “Dengar”

Kata Alkitab / 5 December 2014

Kalangan Sendiri

4 Fakta Natal yang Mungkin Belum Anda “Dengar”

Lori Official Writer
8790
Yesus menghabiskan waktu 30 tahun di Nazaret ([kitab]Lukas2:39-47[/kitab]), tapi saat Ia kembali ke kota itu setelah dicobai Iblis, penduduk Nazaret ‘hanya’ mengenal sebagai anak Yusuf (tanda bahwa mereka tidak menganggap Yesus spesial karena mungkin sudah biasa hidup dekat dengan-Nya). Bahkan mereka juga akhirnya mengusir serta hendak menjatuhkan-Nya ke jurang ([kitab]Lukas4:22-29[/kitab]). Terlalu dekat atau akrab kadang juga bisa menjadi masalah! Bukankah banyak orang yang dibesarkan dalam keluarga Kristen, dekat dengan kekristenan sejak kecil, namun hidupnya justru tidak mencerminkan karakter Kristus? Soal Natal juga sama. Jangan-jangan selama ini kita merasa sudah terlalu akrab dengan Natal hingga tak tahu dan tak merasa perlu untuk mengetahui fakta sebenarnya mengenai hal itu.

Untuk itu, beberapa hal seputar Natal ini patut diketahui oleh orang-orang Kristen.

1. Yesus lahir pada 25 Desember?

Meski para ahli sejarah dapat memperkirakan kelahiran Yesus dengan terpaut pada hari kematian-Nya, angka yang pasti masih menjadi peredebatan. Sedang penetapan tanggal 25 Desember sendiri sebagai hari kelahiran Yesus ditetapkan dengan pengaruh dari budaya saat itu. Beragam teori bermunculan, namun berdasarkan catatan Encyclopedia Britannica dijelaskan bahwa para pemimpin gereja kemungkinan memilih tanggal itu agar bertepatan dengan perayaan hari lahir dewa matahari. Ini dilakukan agar kekristenan menjadi lebih bermakna bagi orang-orang kafir yang menjadi Kristen.

2. X dalam Xmas  

Sering kali kita mendapati tulisan Christmas menjadi Xmas. Tahukah Anda asal-usulnya? Mengapa kata sesakral ‘Christ’ justru diganti dengan tanda ‘X’? Dalam bahasa Yunani, kata Kristus ternyata ‘Xpiotoc’. X sendiri dalam alphabet Yunani dibaca dengan ‘chi’ (mirip dengan Christ). Jadilah kemudian kata ‘Christmas’ diganti menjadi ‘Xmas’. Cukup mewakili kata Christ, baik dari segi arti maupun pengucapan.

3. Tiga orang majus

Kehadiran tiga orang Majus yang datang menengok bayi Yesus tentu menjadi salah satu hal yang paling kita ingat saat Natal. Namun tahukah Anda bahwa Alkitab tidak pernah menyebutkan bahwa saat itu hanya ada tiga orang Majus? Hadiah yang dibawa untuk Yesus memang jumlahnya adalah tiga (Matius 2: 7-11), namun jumlah orang Majusnya tidak disebutkan. Bisa jadi lebih dari itu, kita belum tahu  pasti.

4. Yesus lahir dikandang domba

Yang ada di bayangkan kita adalah Yesus lahir di kandang domba, yang kalau di Indonesia biasanya terletak berjauhan dari rumah pemilik kandang. Padahal yang terjadi mungkin tidak seperti itu. Kebanyakan rumah Yahudi kuno biasanya memiliki area di lantai bawah yang dilengkapi dengan kandang hewan. Sedang pemilik rumah biasanya tidur di lantai atas. Jadi, Yesus memang lahir di kandang, namun kandang yang ada di sekitar perumahan penduduk.

Sumber : Spirit/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami