Beda Suku? Mungkinkah Dapat Restu Mertua

Beda Suku? Mungkinkah Dapat Restu Mertua

Tiurma Ida Purba Official Writer
3226

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa. Walaupun berbeda-beda tetapi kita tetap satu. Namun, tidak berlaku bagi yang berbeda pasangan. Terkadang orang tua selalu ingin anaknya menikah dengan yang satu suku dan satu budaya. Memang tidak mudah untuk menyatukan budaya yang berbeda dalam suatu pernikahan. Namun, itu hanya  pendapat bagi sebagian orang. Ternyata, banyak juga yang ingin menikah dengan beda suku agar memperluas pandangan dan memang sudah terlanjur cinta.

1.  Ceritakan Budaya Kamu Kepada Pasangan

Terbukalah terhadap pasangan anda. Ceritakan tentang adat dan budaya anda. Sadarlah bahwa anda dibesarkan pada adat dan budaya yang berbeda. Dengarkan juga pasangan anda bercerita tentang adat dan budayanya.

 

2.  Bangun Hubungan yang Baik Dengan Keluarga Pasangan 

Hal yang perlu anda lakukan adalah membangun hubungan yang karib dengan keluarga pasangan anda. Bagaimanapun juga nantinya anda akan menjadi bagian dari keluarga mereka. Contohnya :  berkumpul  dirumah  bersama dengan keluarga pasangan, pergi piknik ke luar rumah, mulailah dengan hal – hal kecil.

 

3.  Tunjukkan Bahwa Kamu Benar-Benar Serius dengan Pasangan Kamu

Setiap orang tua selalu ingin anaknya mendapat kebahagiaan saat menikah. Mereka selalu memperhatikan calon menantunya apakah baik untuk anaknya atau tidak. Cobalah tunjukkan bahwa anda benar- benar serius dengan pasangan anda. Dukunglah apapun yang dilakukan pasangan sepanjang masih berdampak positif. Khususnya dalam karirnya.

 

4.  Hormati Budaya Pasangan Ketika Berada di Tengah Keluarga

Saling menghormati suku lain akan mempererat tali persaudaraan antar keluarga pasangan.  Pujilah suku pasangan anda dan dukunglah setiap budaya positif yang mereka lakukan. Jangan kaget bila budaya keluarga mereka berbeda dengan keluarga anda.

 

5.   Tetap Berusaha dan Bersabar

Kunci dari segala kesuksesan adalah berusaha dan sabar. Cobalah untuk berusaha tetap menjalin hubungan yang positif dengan pasangan anda dan bersabarlah apabila terkadang anda merasa aneh degan budaya pasangan. Lama-kelamaaan anda akan mulai terbiasa dengan budaya mereka.

 

Bila anda dapat mengalahkan perbedaan itu, maka anda akan menang dalam suatu janji ikatan suci. Jangan menyerah apabila banyak sentilan-sentilan dari sekeliling anda. Karena setiap tantangan yang anda hadapi dalam mencapai suatu pernikahan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk anda. Dan yakinlah saat menikah nanti, apapun rintangannya pasti anda aka tegar untuk menghadapinya. Kuncinya adalah kesehatian. Dimana ada kesehatian ada persatuan, pasti selalu ada jalan keluar. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami