Film ‘Exodus: Gods and Kings’ Dihujani Cercaan
Sumber: Dailymail.co.uk

Internasional / 2 December 2014

Kalangan Sendiri

Film ‘Exodus: Gods and Kings’ Dihujani Cercaan

Lori Official Writer
12210
Film yang mengangkat kisah nabi Musa, Exodus: Gods and Kings yang tengah diputar di bioskop-bioskop AS dihujani dengan beragam cercaan. Pasalnya film ini hanya menggunakan pemain-pemain utama berkulit putih saja. Beragam kritikan dilontarkan lewat media sosial Twitter dengan hashtag #BoycottExodusMovie.

Exodus: Gods and Kings adalah film religius terbaru sutradara Ridley Scott yang menampilkan kisah Alkitab  dalam industri hiburan. Para pemain utama, raja, ratu Firaun dan nabi dimainkan oleh aktor kulit putih seperti Christian Bale dan Singourney Weaver. Hal itu memicu kritik bahwa film tersebut memuat isu rasialisme.

“#BoycottExodusMovie karena itu adalah sebuah pengabaian yang kasar dari fakta sejarah! #ExodusMivie,” tulis salah satu akun bernama @SheaStylez.

“Hal itu membakar saya bahwa #ExodusMovie kelihatan sangat bagus, tetapi Hollywood hanya memakai pemain kulit putih! Saya tidak akan menontonnya #BoycottExodusMovie,” tulis akun bernama @_electriclady.

Hal ini semakin diperparah oleh komentar seorang pengusaha dan petinggi eksekutif  20th Century Fox, Rupert Murdoch. “Film Musa diserang di Twitter karena semua pemainnya berkulit putih. Sejak kapan orang Mesir tidak putih? Yang saya tahu begitu,” kicau @rupertmurdoch membela.

Menyikapi kritikan itu, Scott menyampaikan secara terbuka dalam wawancara dengan majalah Variety bahwa keputusan menggunakan pemain kulit putih dalam film adalah satu-satunya jalan untuk memenuhi biaya penggarapannya. Tak ada unsur rasial di dalam film.

Kendati dihujani beragam cercaan, film buatannya ini tetap dipuji karena telah membawakan visual yang dramatis dan mengesankan untuk layar lebar. Exodus: Gods and Kings mengisahkan tentang perjuangan Nabi Musa saat membebaskan ribuan umat Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Bintang ‘Batman’ Christian Bale memerankan sosok Nabi Musa, dan sang Firaun diperankan aktor Joel Edgerton.

Ini adalah film religi hasil garapan Hollywood yang kembali menuai kritikan, setelah sebelumnya film ‘Noah’ telah banyak dicekal karena dianggap berseberangan dengan cerita Alkitab sesungguhnya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami