Strategi Kreatif Membeli Rumah Tanpa KPR

Strategi Kreatif Membeli Rumah Tanpa KPR

Theresia Karo Karo Official Writer
5358
Inflasi yang semakin menurunkan nilai uang, kenaikan BBM, harga rumah yang semakin menjulang, dan berbagai kendala lainnya membuat orang semakin enggan untuk menginvestasikan dananya pada property atau rumah.

Pada umumnya untuk mengatasi kekhawatiran investasi, banyak orang yang memilih untuk melakukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di bank. Namun, menurut Hari Putra, motivator financial dan Managing Director WF 19 Technology Inc, terdapat beberapa strategi ktreatif untuk memiliki rumah tanpa harus menyicil di bank.

Menurutnya, langkah awal yang harus dilakukan adalah memperluas link dengan rekan kerja yang berkecimpung di bidang real estat dan property. Sehingga anda dapat mengerti tipe rumah yang dicari, rate harga di masa depan, dan lainnya. Bila sudah mantap, maka strategi kreatif dari Hari ini dapat menjadi pertimbangan anda.

‘Angel’ Investor
Hampir sama dengan tawaran bantuan. Carilah orang atau institusi yang bersedia membelikan rumah tanpa mengutip penambahan uang satu persen pun. Bisa dari orang terdekat seperti orang tua, saudara atau justru orang yang sedang beramal, yang sama sekali tidak anda kenal.

Pastinya orang-orang ini adalah mereka yang memang ikhlas membantu, bukan mencari keuntungan. Diakui oleh Hari bahwa hal ini terasa sulit, namun bukan tidak mungkin. Saat anda menemukan Angel Investor, anda tidak akan dibayangi rasa takut akan gagal membayar dan penyitaan rumah, seperti yang dilakukan oleh KPR. Disamping itu, Pastikan anda memiliki integritas pribadi untuk melunasi hutang tanpa bunga tersebut.

Tabungan Logam Mulia
Bila anda sudah tahu harga dan tipe rumah yang diharapkan, maka yang harus dilakukan adalah menabung hingga mencapai harga rumah tersebut. Namun kondisinya adalah selama bertahun anda menabung, terdapat inflasi. Sehingga nilai uang akan semakin turun dan harga rumah semakin naik setiap tahunnya.

Maka solusi yang bisa ditemukan adalah, merubah tabungan uang menjadi tabungan dalam bentuk logam mulia. Sebab nilai emas tidak terpengaruh inflasi. Bila dulu di abad ke-7 Masehi, satu koin emas seberat 4 gram bisa membeli seekor kambing, maka dengan berat satu koin emas yang sama anda dapat membeli seekor kambing di saat sekarang. Hal ini berarti, selama kurun waktu itu emas tetap menjadi primadona dan nilai tukarnya tidak terpengaruh inflasi.

Investasi Sektor Riil
Strategi ini dapat dilakukan dengan distributor produk yang sedang booming di saat itu. Selagi anda menabung, kenapa tidak ‘memutar’ dana  tersebut dan menginvestasikannya? Karena bila di simpan di bank pun, nilai uang tidak akan bertambah, sebab bunga simpanan yang rendah.  Menurut Hari, dengan menjadi distributor maka anda dapat memiliki banyak jaringan agen yang akan bekerja untuk anda. Sehingga anda akan memperoleh keuntungan dan semakin cepat menambah tabungan untuk membeli rumah idaman.

Agen Properti
Meningkatnya pertumbuhan akan kebutuhan rumah, akan berbanding lurus dengan kebutuhan agen property. Strategi ini bisa menjadi cara yang efektif, tetapi anda diminta untuk bekerja dan berpikir lebih keras. Hal ini setimpal dengan hasil yang diperoleh. Sebab bila anda berhasil menjual sebuah rumah, maka anda berkesempatan mendapat komisi 1-3 persen dari harga jual rumah. Nominal yang cukup besar dapat membantu anda untuk semakin cepat mengumpulkan dana.

Sumber : Readersdigest/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami