Usaha tanpa modal? Mungkinkah?
Sumber: www.ciputraentrepreneurship.com

Entrepreneurship / 27 November 2014

Kalangan Sendiri

Usaha tanpa modal? Mungkinkah?

Tiurma Ida Purba Official Writer
3456

Pilih mana, merintis usaha atau mempertahankan usaha? Menurut anda lebih susah yang mana ? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab lebih susah merintis usaha. Namun, pada kenyataannya mempertahankan usaha jauh lebih sulit daripada merintis usaha. Merintis usaha bisa tanpa modal, tidak begitu sulit. Namun, anda wajib tahu siapa saja dan apa yang dibutuhkan pelanggan, termasuk kelebihan kompetitor. Jangan khawatir untuk mendapatkan investor, sepanjang produk anda baik, maka akan banyak investor yang bermurah hati pada usaha anda. Ada beberapa tips untuk anda untuk memulai usaha tanpa modal, yaitu :

1.  Pinjam uang

Inilah fungsinya teman sejati. Anda dapat mencoba meminjam uang pada teman anda. Coba yakinkan dia untuk percaya pada usaha anda. Namun, jangan sampai anda berlebihan dalam menjelaskannya. Jelaskan dengan rasional ( masuk akal). Jelaskan dia tentang keuntungan yang di dapat. Anda juga dapat meminjam kepada kerabat keluarga dekat.

 

2.   Sewa Tempat

Bila anda belum mempunyai modal sebagai kantor. Cobalah untuk memanfaatkan ruangan dirumah yang tidak terpakai.  Ini adalah istilah SOHO ( Small Office Home Office ).

 

3.    Rekanan kerja

Jika anda mudah bergaul dan beradaptasi, anda tidak susah untuk mendapatkan rekanan kerja. Dengan mempunyai rekanan kerja, maka akan menambah ide-ide baru untuk usaha anda dan meringankan beban anda.

 

4.   Gaji sistem bagi hasil

Banyak perusahan yang menggaji anak buahnya dengan bagi hasil. Mungkin sistem ini dapat anda gunakan untuk memulai usaha anda.

 

5.    Buat website

Buatlah media dimana bisa menghubungkan anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan-pelanggan anda. Dengan membuat website anda dapat lebih memperluas jaringan usaha anda. Saat ini sudah banyak layanan web gratisan. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

 

6.    Fokus

Salah satu resep bila ingin usaha sukses adalah anda harus fokus. Jika, tidak fokus jangan harap bisnis anda berkembang.

 

7.    Pekerjaan paruh waktu

Jangan biasakan untuk berleha-leha. Bila ada waktu luang, gunakan untuk bekerja sampingan. Lumayan untuk menambah modal usaha anda. Anda bisa menabung sebagian dari gaji anda untuk usaha yang baru anda mulai.

 

8.     Negosiasikan

Dengan bernegosiasi, anda bisa melakukan semuanya dengan lebih mudah. Misalnya  anda  butuh modal lebih, maka anda dapat mengajukannya ke Bank atau UKM. Anda harus meyakinkan bahwa usaha anda sangat berpotensial.

 

Yang anda butuhkan adalah optimis. Jika, anda adalah orang yang beroptimis maka itu adalah modal dasar anda untuk memulai usaha.  Khususnya anda yang masih muda  dan memiliki ide-ide kreatif, mungkin ini adalah jalan anda menuju kesuksesan. Jangan sia-siakan waktu anda. Cobalah hal-hal baru. Selamat berjuang para wirausahawan muda. 

Sumber : sindonews.com/ by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami