Cara Menang Atas Persoalan Hidup

Kata Alkitab / 27 November 2014

Kalangan Sendiri

Cara Menang Atas Persoalan Hidup

bagusp Official Writer
6598
Pengkhotbah 11:10
“Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu…”

Generasi muda adalah tombak peperangan bagi masa depan namun sayangnya saat ini banyak generasi muda yang terjebak dalam penderitaan masing-masing dan mereka mulai merasa tidak berhak memiliki masa depan sehingga mereka semakin menghancurkan dirinya sendiri. Salah satu contoh yang bisa kita ambil adalah kasus pengguguran bayi baru-baru ini yang dilakukan pasangan muda yang belum menikah di sebuah kosan dengan menggunakan obat berbahaya yang mereka beli di internet sehingga mengakibatkan sang wanita mengalami pendarahan hebat, ada juga sebuah kasus di Cina dimana seorang wanita bunuh diri karena patah hati dengan melompat dari jembatan. Kita bisa lihat disini ada banyak tantangan yang terjadi disaat muda, seperti: Free sex, LGBTI, pornografi, obat-obat terlarang, patah hati, dsb. Dan banyak dari mereka yang memilih jalan yang salah untuk mengakhiri permasalahan mereka.

Yeremia 29:11
“…., yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Banyak dari kita yang menganggap setiap permasalahan bersumber dari Tuhan karena Tuhan ingin memproses kita, itu adalah sebuah anggapan yang tidak seutuhnya benar, permasalahan memang sebuah proses untuk menjadikan kita lebih baik jika kita berhasil melewatinya dan Tuhan mengizinkan permasalahan itu hadir namun sebenarnya permasalahan berasal dari 2 sumber, sbb:

1.    Diri Sendiri

Tuhan selalu menginginkan kita memiliki semua hal yang terbaik dalam kehidupan anak-anak-Nya namun sayangnya banyak dari kita yang berlari dari rencana Tuhan tersebut karena menuruti keinginan diri sendiri atau keinginan daging kita. Kita lebih senang memiliki kebahagian dan kepuasan sesaat dibandingkan memiliki kebahagiaan sejati yang sudah Tuhan sediakan. Semua dari kita pasti pernah merasa lebih tertantang dengan hal-hal dunia yang dilarang oleh Tuhan, apalagi anak-anak muda selalu ingin tahu dengan hal-hal baru dan mudah untuk terbujuk serta merasa tertantang untuk break the rule. Contoh: Dosa free sex yang paling rentan dilakukan oleh generasi muda dan menimbulkan efek kecanduan.

Yakobus 1:14
“Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan diikat olehnya”

2.    Iblis
Iblis selalu berusaha membuat kita menjauh dari Tuhan dan menjatuhkan kita ke dalam dosa yang mendatangkan kebinasaan. Banyak berbagai cara yang bisa digunakan oleh mereka, seperti: Membuat kita merasa Tuhan telah meninggalkan kita, tidak ada pengharapan untuk masa depan, kita sudah tidak layak untuk bertobat, dsb.

Efesus 6:12
“Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.”

Ketika kita salah melangkah akan muncul sebuah konsenkuensi, yaitu masalah yang akan memproses kita. Tuhan mengizinkan semua masalah terjadi untuk melatih kita menjadi orang-orang yang penuh dengan kemenangan, tidak melakukan langkah yang salah lagi dan mengajari kita untuk lebih mengenal hati Tuhan. Tapi ingat semua itu kita bisa dapatkan setelah kita berhasil melalui semua proses itu. 

Lalu, bagaimana cara kita bisa memperoleh kemenangan atas permasalahan yang sedang terjadi ?

1.    Fokus kepada Tuhan bukan masalahnya
Janganlah memusatkan perhatian kita kepada permasalahan yang sedang terjadi, tetapi alihkan perhatian kita kepada Tuhan dan ingatlah apa yang sedang kita alami saat ini tidak melebihi kekuatan kita dan tentunya Tuhan sudah menyediakan jalan keluarnya. Latih diri kita untuk peka dengan suara Tuhan, sehingga kita mengetahui jalan yang benar untuk melalui setiap permasalahan.

1 Korintus 10:13
"Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu.….”

2.    Latih diri untuk terus melekat kepada Tuhan
Jika kita sudah melekat dengan Tuhan, hidup setia dan dipimpin oleh Roh Kudus, kita akan diberikan kuasa dan kekuatan untuk mengalahkan musuh kita, yaitu keinginan daging dan iblis. Kita pasti sering mendengar dan bahkan kita mungkin sudah tahu cara untuk hidup melekat dengan Tuhan dan kita menganggap enteng, namun kenyataanya sangat sulit untuk bisa kita praktekan karena dari itu kita harus selalu minta bimbingan Tuhan dalam segala hal.

Galatia 5:24
“Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu keinginannya.”

3.    Berhenti mengasihani diri sendiri

Setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda dan banyak dari kita yang merasa paling menderita di dunia ini (mengasihani diri sendiri) dan seakan-akan tidak ada jalan keluar. Lebih memilih untuk mendengarkan lagu-lagu melankolis bahkan menyendiri, sehingga pikiran kita semakin terintimidasi dengan pola pikir mengasihani diri sendiri. Jika hal ini terjadi berkepanjangan akan membuat kita stress bahkan depresi. Percayalah permasalahan selalu memiliki jalan keluar dan bukan hanya kita yang sedang memiliki masalah.

1 Korintus 10:13
“……. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Sejak Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Dia sudah memberikan kehendak bebas namun sayangnya Adam dan Hawa jatuh ke dalam permasalahan yang mereka pilih sendiri karena menurut dengan iblis. Sampai saat ini kita pun masih memiliki kehendak bebas dan semuanya berada di dalam pilihan kita, apa yang akan kita lakukan dengan kehendak bebas yang Tuhan sudah berikan. Melakukan hal yang menyenangkan hati Tuhan atau jatuh dalam pencobaan, sebagai generasi muda yang sedang masuk ke dalam proses demi proses, mari kita kuatkan diri kita dalam menghadapi semuanya dan bersama-sama menjadi pemenang.

Sumber : Jawaban.com/Bgs/Faradisa Yulansa
Halaman :
1

Ikuti Kami