Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan Tulang Belakang
Sumber: Bangbiw.com

Entertainment / 27 November 2014

Kalangan Sendiri

Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan Tulang Belakang

Tiurma Ida Purba Official Writer
4528

Perubahan perilaku terhadap gadget sangat berubah drastis. “Seakan mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” itulah pepatah yang cocok bagi pengguna gadget saat ini. Mengapa orang-orang zaman ini terlalu berlebihan dalam menggunakan gadget? Adakah alasan tertentu untuk menjawab pertanyaan ini? Kita dapat melihat betapa banyaknya gadget yang selalu baru setiap bulannya. Ini membuktikan bahwa, pekerjaan saat ini sangat mengutamakan komunikasi jarak jauh.

Di New York, Dr Ken Hansraj MD mengatakan bahwa kita berada di titik awal gelombang masalah punggung dan leher yang disebabkan oleh postur yang buruk ketika menggunakan smartphone.

Berdasarkan penelitian dalam Jurnal Surgical Technology International bahwa akibat menatap smartphone secara terus menerus bisa menambah beban tekanan hingga 27 kg tulang belakang.

Mungkin anda sering mengalami sakit di leher, di punggung atau di tulang belakang anda? Mungkin ini adalah salah satu  penyebabnya.  Kerapuhan tulang di usia senja, pegal-pegal, pusing dan postur tubuh yang tidak sempurna adalah dampak negatif dari smartphone.

Berat kepala orang dewasa adalah 4,5 kg-5.5 kg. Jadi dapat disimpulkan tulang belakang menopang beban seberat itu. Dan bisa dibayangkan bukan, kalau tekanan anda berada pada postur yang tidak benar, maka beban berat tulang belakang akan meningkat.

Women’s Health juga melakukan penelitian bahwa orang rata-rata menghabiskan 2-4 jam sehari untuk membungkukkan kepala pada smartphone. Inilah dampak negatif bagi tulang punggung, dan leher mereka.

Fakta lain adalah dengan menundukkan kepala 15 derajat makan akan menambah 12 kg, beban tulang belakang menjadi 18 kg, dan kemiringan kepala 30 derajat, miring hingga 60 derajat, maka akan mengakibatkan tekanan pada tulang belakang meningkat hingga 27 kg.

Apakah masyarakat Indonesia khususnya perkotaan dapat meninggalkan penggunaan smartphone? Hal itu tidak mungkin, karena memang masyarakat perkotaan membutuhkan smartphone untuk bekerja. Banyak orang memang kerjanya secara mobile. Namun, anda dapat meminimalisir dampak negatifnya. Caranya dengan selalu menggunakan smartphone dengan posisi postur tubuh yang sempurna sehingga menjadi suatu kebiasaan.

Bagaimana mendapatkan postur tubuh yang sempurna? Pastikan telinga anda sejajar dengan bahu dan bahu anda harus dengan posisi netral (tegak). Dengan menggunakan smartphone anda setinggi dada maka akan mencegah kepala anda akan menunduk. Cara ini sangat sederhana, sehingga anda akan terhindar dari masalah tulang belakang dan persendian untuk 20 tahun ke depan.  Anda dapat mempraktekkannya sekarang juga. Mulailah sampai menjadi kebiasaan. Selamat mencoba.

Sumber : detik.com/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami