10 tahun bekerja, belum naik jabatan?
Sumber: karir.com

Career / 25 November 2014

Kalangan Sendiri

10 tahun bekerja, belum naik jabatan?

Tiurma Ida Purba Official Writer
6422

Setiap orang yang bekerja memiliki tujuan untuk menyalurkan kemampuan yang dimilikinya dan mendapatkan gaji yang sesuai. Namun, apakah dalam menekuni sebuah pekerjaan dalam sebuah perusahaan  sudah pasti naik jabatan? Jika sudah 10 tahun bekerja, namun belum mendapat kenaikan jabatan, apakah perlu di pertahankan? Atau mencari karir di tempat lain? Dalam sebuah kesempatan Wolipop telah melakukan survey kepada 140 partisipan, berikut ini adalah hasil surveinya :

a.  11% partisipan mengaku baru naik jabatan setelah mereka bekerja lebih dari tiga tahun. Bahkan responden lainnya dalam jumlah yang sama, baru mendapatkan promosi kenaikan pangkat saat mereka sudah mengabdi dengan perusahaan setelah lebih dari lima tahun bekerja. "Selama 7 tahun kerja naik jabatan deh :)," papar Tania (bukan nama sebenarnya).

 

b.  17% karyawan partisipan yang lain bisa mendapatkan jabatan yang tinggi selama kurang dari satu tahun. "Kurang dari setahun sudah naik jabatan dong," tutur salah satu partisipan.

 

c   39% karyawan bisa naik jabatan setelah bekerja lebih dari satu tahun. "1 tahun tapi dengan loyalitas penuh. Hihihi saya alami itu," ungkap Riska (bukan nama sebenarnya) kepada Wolipop.

 

d.  Meskipun 140 partisipan bisa dapat promosi jabatan, namun tidak dengang 22% responden atau sekitar 40 orang karyawan sisanya. Mereka sudah bekerja lebih dari10 tahun di kantor, tetapi belum juga dapat promosi kenaikan jabatan. "Saya sudah 20 tahun kerja tapi belom naik pangkat atau jabatan juga," jelas Desi (bukan nama aslinya).

 

Dengan hasil survei diatas dapat disimpulkan bahwa untuk naik jabatan dibutuhkan loyalitas yang besar kepada perusahaan. Dengan begitu, kita dapat melihat feedback dari perusahaan. Perusahaan yang berkembang adalah perusahaan yang dapat memberikan timbal balik atau respon terhadap karyawannya. Dengan melihat dan memperhatikan kemampuan dan loyalitas karyawan, maka akan memudahkan perusahaan juga untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Banyak yang dapat dilakukan perusahaan untuk memberikan feedback. Contohnya : naik jabatan, naik gaji atau mungkin dapat bonus bulanan. Jadi, perusahaan dan karyawan harus benar-benar bekerjasama dalam hal ini.

 

Lalu bagaimana, kalo sudah 10 tahun belum juga ada kenaikan jabatan? Jawabannya adalah kembali ke masing-masing tiap orang. Keputusan untuk tetap bertahan sampai naik jabatan, atau pindah ke perusahaan lain untuk berkembang adalah hak setiap orang. Karena pemikiran setiap orang bisa berbeda-beda.


Sumber : wolipop.detik.com/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami