Inilah Ponsel dengan Kualitas Foto Setara DSLR

Entertainment / 21 November 2014

Kalangan Sendiri

Inilah Ponsel dengan Kualitas Foto Setara DSLR

daniel.tanamal Official Writer
4651
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Sebuah gebrakan dalam dunia fotografi ponsel dilakukan Sony Mobile yang meluncurkan varian sensor baru untuk perangkat mobile, Exmor RS IMX230. Sensor tersebut diyakini bisa menghadirkan kemampuan foto setara kamera DSLR dalam perangkat-perangkat mobile.

Exmor RS IMX230 menggunakan sensor jenis CMOS yang mengemas resolusi 21 megapiksel ke dalam sensor yang berukuran 1/2,4 inci. Ukuran sensor tersebut sedikit lebih kecil dibanding ukuran sensor yang saat ini dimiliki Xperia Z3, yaitu 1/2,3 inci. Fitur unggulan dalam sensor tersebut adalah sistem autofocus phase-detection dengan 192 titik. Sensor tersebut menjadi sensor CMOS pertama dalam smartphone yang mengusung teknologi seperti itu.

Fitur tersebut akan membantu kamera dalam memotret obyek-obyek yang bergerak cepat, sehingga tetap terlihat tajam. Sensor tersebut juga memiliki kemampuan HDR (High Dynamic Range) untuk perekaman foto dan video 4K. Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah merekam video atau memotret dalam kondisi pencahayaan dengan kontras yang tinggi.

Sensor Exmor RS IMX230 akan mulai tersedia pada April 2015. Kemungkinan besar sensor ini sudah diusung oleh perangkat smartphone unggulan Sony terbaru, Xperia Z4 yang rencananya juga akan diluncurkan sekitar April 2015 di ajang Mobile World Congress 2015. Selain digunakan untuk produk-produknya sendiri, lini sensor Exmor buatan Sony juga dipakai oleh pabrikan smartphone lain, seperti Apple dengan iPhone 6-nya, Samsung dengan Galaxy Note 4, dan OnePlus One.

Sony juga berencana untuk mengekspansi portofolio sensornya tersebut dengan membuat versi 16 megapiksel, dengan tetap mempertahankan kemampuan autofocus cepat dan HDR-nya. Rencananya, sensor tersebut akan diperkenalkan pada akhir tahun 2015.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami