Tak mau sehat, Jangan bangun pagi
Sumber: energi-nano.blogspot.com

Health / 21 November 2014

Kalangan Sendiri

Tak mau sehat, Jangan bangun pagi

Tiurma Ida Purba Official Writer
4388

Apakah anda sering bangun siang, bahkan sore hari? Mungkin ini disebabkan karena kebiasaan anda atau anda begadang di malam hari mengerjakan tugas kuliah atau tugas kantor. Melepas kebiasaan bangun siang atau begadang memang tidak mudah, namun tahukan anda bangun di pagi hari sangat menyehatkan badan anda. Udara yang segar di pagi hari membuat badan anda terasa bugar dan fit sepanjang hari.

Mau tahu apa saja manfaat bangun di pagi hari ?

1.  Menjadi manusia yang produktif

Penelitian yang dilakukan oleh profersor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki banyak tenaga. Tenaga yang di perlukan di pagi hari haruslah lebih banyak karena menyiapkan pekerjaan.  Dengan bangun pagi manusia lebih memiliki waktu untuk merenung dan berkonsentrasi. Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk bekerja.  Sehingga apa yang dikerjakan dari pagi sampai malam hari akan lebih banyak dan menjadikan manusia yang produktif.

2.  Paparan Sinar Matahari yang menyehatkan

Matahari baik untuk kulit dan kesehatan tubuh. Apalagi matahari pagi baik untuk kuliat dan mengandung vitamin D. Vitamin D yang kita dapatkan dari matahari secara cuma-cuma memang tidak boleh dilewatkan. Matahari juga berguna untuk meningkatkan pernafasan karena jumlah gilkogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari. Tak hanya itu, terapi matahari juga bertujuan untuk membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Ada beberapa penyakit yang dapat di basmi oleh sinar ultraviolet ini diantaranya : TBC, keracunan darah pneumonia  dan asma. Matahari juga dapat menambah kekebalam tubuh.

3.  Sempat Sarapan

Apakah anda terbiasa dengan sarapan? Sebaiknya anda sarapan dulu sebelum berangkat bekerja. Dengan sarapan pagi dapat menambah energy  tubuh kita untuk tubuh dan otak. Bila sarapan menyehatkan tubuh, mengapa harus dilewatkan?

4.  Mental lebih sehat dan positif

Ingin memiliki mood yang baik untuk bekerja. Caranya dengan bangun pagi. Orang yang bangun pagi lebih optimis dan pantang menyerah. Orang yang bangun di pagi hari lebih berpikir positif karena darah dari otak ke jantung juga lancar.

5.  Mengusir Stress

Loh, apa kaitannya bangun pagi dengan Stress? Dengan 4 manfaat diatas yang sudah dijelaskan yakni menjadi manusia yang produktif, mendapatkan paparan sinar matahari yang menyehatkan, sarapan pagi, dan mental  lebih sehat dan positif, maka orang yang bangun pagi dapat menghilangkan stres. Aliran di dalam tubuh pun berjalan dengan lancar, pikiran menjadi lebih fresh.

Tentunya apabila ingin bangun pagi, diperlukan jam tidur yang ideal. Tidak boleh begadang. Bila perlu menyiapkan persiapan kerja di malam hari. Tidur juga harus mendapat perhatian penting bagi semua kalangan. Jam tidur dengan bangun pagi harus seimbang, jangan sampai sudah begadang tetapi seharian tidak tidur. Tidur juga banyak memilki manfaat yang banyak. Diantaranya: tetap menjaga jantung anda tetap sehat, mencegah kanker, mengurangi stress, membuat anda lebih siaga, lebih pintar, meningkatkan memori dan tentunya memperbaiki bagian-bagian yang rusak dalam tubuh.

Jadi, setelah anda membaca artikel ini, apakah akan mengubah jam tidur anda menjadi lebih baik? Dan apakah akan membuat anda untuk berjuang lebih pagi untuk bangun? Mau panjang umur dan tetap berkumpul dengan orang-orang yang anda sayangi? Pilihan hidup sehat ada di tangan anda. Ayo Bangun Pagi. 

Sumber : merdeka.com/viva.co.id/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami