10 Cara Olahraga Sembari Bekerja

10 Cara Olahraga Sembari Bekerja

Lori Official Writer
3172
Bekerja di kantor dan duduk terlalu lama di depan komputer tentu akan membuat tubuh merasa lelah. Agar mampu menyeimbangkan pekerjaan dengan kebugaran tubuh, Anda dapat melakukan 10 olahraga ini sembari bekerja.

1. Peregangan leher

Ambil waktu untuk merengangkan leher disela bekerja dengan memiringkan kepala hingga menyentuh bahu lalu tahan beberapa detik. Anda juga bisa berdiri di depan pintu dan merentangkan kedua tangan menyentuh kusen pintu, lalu berjalanlah sampai merasa terjadi peregangan di bagian dada. Lalu, letakkan tangan di pinggang lalu lekukkan tubuh ke belakang. Olahraga ini akan sangat efektif mengurangi sakit punggung Anda.

2. Peregangan telapak tangan

Ambil posisi berdiri, lalu letakkan kedua tangan Anda di atas meja dengan posisi jari-jari menghadap kea rah Anda. Lalu turunkan tubuh Anda perlahan, tahan selama 15 menit lalu kembalilah berdiri tegak.

3. Melayang di atas kursi

Ambil kursi Anda lalu duduklah bersila. Kedua tangan letakkan dipegangan tangan, tahan perut Anda dan angkat tubuh beberapa centi di atas kursi dengan tekanan otot perut, lengan dan tangan. Tahan kondisi ini selama 10-20 detik, lalu turunkan.

4. Peregangan kaki

Ambil posisi duduk di kursi, lalu panjangkan satu kaki Anda lurus ke depan. Tahan posisi tersebut selama dua detik, kemudian naikkan setinggi mungkin. Tahan lagi posisi serupa selama dua detik, lalu turunkan. Gerakan ini dapat Anda ulangi beberapa kaki untuk masing-masing kaki.

5. Peregangan tulang belakang

Duduklah dengan tegak di kursi Anda, lalu angkat tanagn ke atas. Letakkan tangan kiri Anda di atas meja, sentuh bagian belakang kursi Anda dengan tangan kanan dan putarlah perlahan ke arah kanan. Tahan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini kea rah sebaliknya.

6. Push Up di meja

Berdirilah beberapa langkah di depan meja dengan kaki yang rapat. Telapak tangan letakkan di tepi meja, beri jarak selebar bahu lalu dorong dadamu turn ke dekat sisi meja seperti melakukan push up. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali.

7. Gerakan pinggang

Ambil posisi berdiri di depan kursi, letakkan tangan di pinggang dan kedua kaki terbuka selebar pinggang. Lalu turunkan tubuh Anda perlahan-lahan di atas kursi, lakukan hal ini sebanyak 20 kali.

8. Peregangan bahu

Ambil posisi duduk tegak dengan lengan kiri yang etrlipat. Lalu letakkan lengan di belakang punggung dengan telapak tangan menghadap ke atas. Angkatlah tangan kananmu ke atas dan tekuk, sehingga menyentuh telapak kakan kirimu. Tahan posisis ini selama 10 detik.

9. Peregangan trisep

Gerakan yang satu ini dilakukan dengan posisi badan membelakangi meja dan bokong menempel pada sisi meja. Letakkan telapak tangan di pinggiran meja, rapatkan kaki, tekuk siku dan bawa badan turun. Tahan badan Anda dalam 10 detik, kemudian naik lagi. Lakukan hal ini beberapa kali.

10. Peregangan tangan

Mengetik keyboard komputer terlalu lama menyebabkan tangan dan jemari terasa pegal. Untuk mengatasi kondisi itu, pijatlah masing-masing pergelangan tangan dan jemari Anda dengan lembut selama beberapa menit.

Dengan beragam cara ini, tak sulit bukan berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh?

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami