Cara Menganalisa Instrumen Saham
Sumber: Google

Investment / 6 November 2014

Kalangan Sendiri

Cara Menganalisa Instrumen Saham

Lois Official Writer
3665
Seorang investor yang memilih berinvestasi terutama yang langsung terjun di pasar saham, perlu mempelajari cara menganalisa instumen investasi melalui semua informasi yang berkaitan dengan saham. Bagi investor, perlu mengetahui bagaimana caranya menilai saham lewat hal-hal yang mendasar tersebut karena di situlah peran penting bagaimana saham bisa untung atau tidak.

Metode yang Bisa Digunakan
Metode Top Down (Dari Atas ke Bawah)
Cara ini yaitu investor melihat faktor makro ekonomi terlebih dahulu untuk mengetahui industri atau sektor usaha mana yang bagus pada saat itu.
Metode Bottom Up (Dari Bawah ke Atas)
Metode ini terjadi ketika investor sudah yakin memilih saham tertentu, baru mempertimbangkan faktor makro ekonomi.

Apa Saja yang Perlu Dianalisa?
-Amati dan pelajari kondisi makro ekonomi dan pasar. Mana bidang usaha yang baik dan prospeknya bagus.
-Analisa laporan keuangan perusahaan untuk mengetahui kinerjanya (akan dijabarkan di bawah)
-Membandingkan kinerja perusahaan dengan perusahaan pesaing yang bergerak di sektor usaha yang sama.
-Menganalisa harga saham apakah sudah murah
-Menilai efisiensi operasional perusahaan tersebut
-Memperhatikan kredibilitas manajemen dan pemegang saham mayoritas
-Mencari informasi dari sumber lain seperti berita, analisa media massa atau perusahaan sekuritas, hasil riset, dan isu yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Informasi dalam Laporan Keuangan yang Perlu Diperhatikan
Hal-hal mendasar yang perlu diketahui untuk mencari tahu pengaruhnya terhadap saham serta informasi lain ini bisa dijadikan bahan analisa sehingga kita mengetahui apa saja yang mempengaruhi harga saham suatu perusahaan, di antaranya yaitu kondisi ekonomi negara, industri, dan prospek usaha perusahaan tersebut di masa depan.

Laporan Keuangan Emiten yang Dipublikasikan
Laporan ini biasanya dipublikasikan oleh emiten setiap tahun, setiap semester, dan setiap kuartal. Informasi yang perlu dicermati dalam lapraon ini yaitu angka nilai buku saham, laba bersih per saham, rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Organisasi (BOPO), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE). Publikasi laporan keuangan ini hanya memberikan gambaran besar tentang kondisi perusahaan.

Laporan Keuangan Emiten yang Bisa Diunduh
Untuk mengetahui lebih dalam poin-poin dalam neraca keuangan, investor bisa mengunduhnya di website masing-masing emiten ataupun dalam Laporan Keuangan yang telah diaudit, tersedia dalam Laporan Tahunan emiten.

Dengan mengetahui itu semua, Anda bisa melihat apakah uang yang Anda tanamkan pada saham tertentu berkembang atau tidak.
Sumber : okezone.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami