Yang Perlu Dilakukan Sebelum Investasi

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Investasi

Theresia Karo Karo Official Writer
2605
Saat ini semangat untuk berinvestasi sedang melanda masyarakat Indonesia. Selain itu, kehadiran sejumlah produk investasi personal semakin ramai dengan tawaran nilai investasi awal yang cukup terjangkau.

Meskipun begitu, semangat investasi ini terkadang tidak dibarengi dengan pengetahuan mengenai langkah awal dalam berinvestasi. Sebelum memulai berinvestasi, baiknya anda harus menjawab beberapa pertanyaan berikut. Hal ini penting karena pertanyaan ini akan sangat menentukan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan investasi di masa depan. 

Jumlah Aset
“Berapakah jumlah aset atau kekayaan anda?” Selain tabungan dan jumlah investasi, asset dan kekayaan juga termasuk kepemilikan rumah, mobil, kebun, dan sebagainya.  Semua informasi ini bisa anda temukan dari bank, perjanjian investasi, rencana pensiun, surat tanah atau surat wasiat yang dimiliki.

Besaran Hutang

“Berapa jumlah hutang anda?” Besaran hutang anda dapat ditemukan dengan memeriksa catatan cicilan rumah atau kendaraan, surat perjanjian hutang, dan tagihan kartu kredit.

Besaran Penghasilan
“Berapa jumlah penghasilan anda?” Untuk ini, hitung jumlah penghasilan anda mulai dari gaji, pendapatan investasi, dan bila ada penghasilan dari sumber lain. Periksa kembali catatan pengembalian pajak, rekening, dan catatan gaji.

Jumlah Pengeluaran

“Berapa pengeluaran anda? Kalau perlu teliti dan catat jumlah pengeluaran anda sehari-harinya selama sebulan. Catat hingga hal tersepele sekalipun, seperti makanan, cemilan atau pengeluaran ekstra seperti nonton bioskop hingga sumbangan amal.

Catat dan periksa bon, kuitansi, dan tagihan kartu kredit sehingga anda tahu jumlah pasti pengeluaran anda. Untuk data awal, tekadkan untuk mengumpulkan catatan pengeluaran selama sebulan agar tahu pasti besarannya.

Keseluruhan jawaban dari pertanyaan diatas akan memberikan anda gambaran mengenai kondisi keuangan anda. Selesai dengan hasil investigasi, inilah yang menjadi titik awal bagi anda untuk mulai memikirkan kebutuhan investasi apa yang diperlukan.

Sumber : Jawaban/Readersdigest.co.id by tk

Ikuti Kami