Yuddy Chrisnandi: Ahok Contoh Pelayan Rakyat
Sumber: Merdeka.com

Nasional / 3 November 2014

Kalangan Sendiri

Yuddy Chrisnandi: Ahok Contoh Pelayan Rakyat

Lori Official Writer
5622
Menteri Pemberdayaan  dan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi secara tiba-tiba menggelar pertemuan dengan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balai Kota sekitar pukul 11.45 WIB, Senin (3/11). Kunjungan ini disebut sebagai sidak sehingga tak ada janji resmi dengan Ahok sebelumnya.

Kendati begitu, kepada awak media Yuddy menyebut hendak belajar kepemimpinan yang baik dari Ahok lantaran dipandang sudah memimpin DKI dengan baik saat masih bersama dengan Jokowi. Tanpa enggan Yuddy bahwa secara gamblang menuturkan bahwa Jokowi-Ahok menjadi contoh pemimpin yang telah memutus mata rantai kepemimpinan ala priyayi.

“Pak Jokowi dan Pak Ahok ini sudah memulai era kepemimpinan yang melayani rakyat, ini yang perlu di contoh pemimpin lainnya,” ujar Yuddy sesaat setelah berbincang dengan Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/11) siang tadi.

Yuddy menambahkan bahwa kepemimpinan yang baik itu harus diterapkan dalam birokrasi agar pelayanan publik dapat berjalan dengan baik. “Kepemimpinan Pak Ahok merupakan salah satu percontohan yang bisa diambil dalam menjalankan birokrasi yang efektif dan efisien. Saya akan sampaikan kepada kepala daerah yang lain untuk menerapkan dan mengambil pola birokrasi sebagaimana yang akan diterapkan di DKI Jakarta,” lanjutnya.

Pria yang baru saja menjalankan tugas sebagai Menpan dan RB ini menekankan bahwa pola memimpin dengan melayani rakyat adalah visi misi pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Jokowi-JK. Jika selama ini birokrasi di Indonesia dipandang masih kurang ramah, bertele-tele dan tidak efektif maka saatnya Menpan dan RB fokus menjalankan program Revolusi Mental yang diusung Jokowi-JK dengan memangkas birokrasi yang tidak efektif.

Seperti diketahui, Yuddy bersama sejumlah staf lainnya beranjak ke Balai Kota seusai mengikuti rapat kabinet bersama Presiden. Mereka berbincang sejenak waktu di ruang pribadi Ahok di lantai 2 sebelum akhirnya kembali melakukan tinjauan langsung ke sejumlah lokasi pelayanan terpadu di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Menjadi pemimpin yang berhasil itu bukanlah perkara mudah, dibutuhkan pribadi yang memiliki beban untuk melakukan transformasi besar. Sehingga rakyat yang merasakan dampaknya menjadi penilai atas hasil kerja tersebut. Begitu pula dengan apa yang sudah dikerjakan oleh Jokowi-Ahok semasa kepemimpinannya.  

Sumber : Antaranews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami