World Wide Web

World Wide Web

Theresia Karo Karo Official Writer
      4538
Show English Version
Pengkotbah 2:13
Dan aku melihat bahwa hikmat melebihi kebodohan, seperti terang melebihi kegelapan.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu122[/kitab]; [kitab]iiiyo1[/kitab]; [kitab]yehez46-47[/kitab]

Brewster Kahle memiliki visi besar terhadap internet. Ia memimpikan adanya akses universal terhadap semua pengetahuan manusia. Sebagai pustakawan digital dan direktur sekaligus salah satu pencetus Internet Archive, Kahle percaya bahwa masih banyak cara untuk menggunakan potensi internet yang luar biasa guna mengubah dan memperbaiki dunia kita.

“Saya ingin,” ujarnya, “membangun perpustakaan yang megah ... Saat ini secara teknis kita dapat bermimpi untuk membuat Perpustakaan Alexandria.” Ia merujuk pada sebuah ruangan yang sangat luas dan penuh ribuan naskah pada zaman Mesir kuno sehingga disebut rumah segala pengetahuan di dunia.

Namun, pengetahuan berbeda dengan hikmat. Raja Salomo adalah orang yang berakal luas [kitab]iraja4:29-34[/kitab]. Di masa-masa yang baik, ia mempergunakan kapasitas yang diberikan Allah untuk mengumpulkan informasi serta wawasan dari setiap sudut kehidupan.

Sebaliknya, saat Salomo lengah, ia menunjukkan bahwa segala pengetahuan di dunia tidak dapat mencegah seseorang kehilangan tujuan hidup [kitab]pengk1:16-18[/kitab]. Walaupun berpengetahuan luas, Salomo menikah dengan banyak perempuan asing. Pada masa tuanya, ia mendirikan altar bagi ilah-ilah istrinya [kitab]iraja11:1-11[/kitab]. Kebodohannya inilah yang kemudian membawanya pada kehancuran.

Hikmat adalah penerapan pengetahuan. Jangan sampai kita terjerat dalam jaringan pengetahuan tanpa memiliki hikmat sejati yang berasal dari sikap takut akan Tuhan (Amsal 1:7
dan Amsal 9:10). Karena hidup di dekat Yesus setiap hari, itulah hikmat yang sejati. Dan menempuh jalan yang dipimpin-Nya, itulah hikmat yang sesungguhnya.

Hikmat memberikan sayap pada pengetahuan.

Ikuti Kami