4 Jenis Kemitraan dalam Bisnis

4 Jenis Kemitraan dalam Bisnis

Theresia Karo Karo Official Writer
23229
Tidak tersedianya modal bukan alasan bagi para entrepreneur sejati untuk memulai usahanya. Ketika ada ide dan peluang, membangun usaha tanpa dana bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Untuk menyiasati hal ini, salah satu alternatifnya adalah membangun kemitraan. Lebih jelasnya berikut beberapa system kemitraan yang dapat dibangun melalui investor hingga link pertemanan.

Sistem Bagi Hasil
Bagi hasil merupakan system paling sederhana dan paling sering terlihat dalam kemitraan. Biasanya system ini memanfaatkan relasi, teman atau keluarga. Bila relasi bersedia memodali ide usaha anda, kemudian hanya tinggal mengatur kesepakatan dalam membagi persenan keuntungan.

Sistem Peluang Usaha/ Business Opportunity
Prinsipnya adalah pemegang suatu merek menjual merek kepada seseorang untuk dijalankan dan sepakat membagi keuntungannya untuk si pemegang merek. Hampir sama dengan waralaha, namun system ini memiliki persyaratan yang lebih sederhana.

Sistem BOT
Sistem Build, Operate and Transfer (BOT) ini sering dipakai oleh entrepreneur yang terjun dalam instrument property tetapi belum memiliki lahan yang memadai. Modal utamanya yang harus dimiliki adalah kemampuan melobi pemilik tanah untuk diajak bekerja sama. Dalam prosesnya terdapat dua tahap, pertama ada operasional. Berarti pemilik lahan menyerahkan tanahnya untuk dibangun dan dioperasikan oleh bidang usaha tertentu dengan jangka waktu tertentu. Kedua adalah tahap transfer, di mana pihak yang mengajak kerja sama mengembalikan sepenuhnya bangunan kepada pemilik lahan setelah perjanjian kerja sama berakhir.
 
Sistem Patungan
Biasa juga disebut sebagai Joint Venture. Sistem patungan antara beberapa orang ini dilakukan secara legal. Sedikit berbeda, selain keuntungan yang dibagikan, kegagalan dan kerugian juga akan ditanggung semua orang yang bergabung dalam system ini.

Empat system ini membuktikan bahwa bukan seberapa banyak modal yang harus disiapkan demi keberhasilan usaha. Bagi anda yang belum memiliki modal yang cukup, seluruh system tadi dapat membantu dalam proses membangun bisnis. Penting untuk diingat, keberhasilan dalam system kemitraan adalah kredibilitas. Bagaimana kita harus menjaga kepercayaan dengan orang yang diajak untuk bekerja sama. Buktikan bahwa kita patut untuk dipercaya.

Sumber : Ciputraentrepreneurship/Jawaban.com by tk

Ikuti Kami