Anak Pantai dan Bintang Laut
Sumber: Shutterstock

Kata Alkitab / 23 October 2014

Kalangan Sendiri

Anak Pantai dan Bintang Laut

Theresia Karo Karo Official Writer
7413
Seorang anak pantai terlihat tengah sibuk memindahkan bintang laut yang terdampar di tepi pantai. Jumlahnya cukup banyak, hingga mencapai ratusan. Dengan hati-hati anak tersebut berlari dengan membawa satu-persatu bintang laut tadi dengan hati-hati menuju air karena hewan tersebut tidak bisa kembali ke laut sampai air pasang berikutnya.
 
Tangannya yang mungil membatasinya membawa bintang laut lebih dari satu dalam genggaman. Usaha ini tentu tidak mudah, seperti yang kita tahu bila air sedang surut, pantai akan menjadi hamparan pasir dan jaraknya bisa sangat luas dan jauh dari air.

Aktifitas anak ini terlihat oleh seorang kakek yang sedari tadi duduk diam di dekatnya. Penasaran dengan apa yang dilakukan anak tersebut, kakek ini kemudian menghampiri anak pantai itu.

Kakek               : “Hei, kamu. Apa yang sedang kamu lakukan?”
Anak Pantai      : “Aku sedang memindahkan bintang laut ini ke air, kek. Kasihan mereka        terdampar” jelasnya polos.
Kakek        : “Ah, kau. Sampai kapan kau akan memindahkan bintang laut tersebut. Jumlahnya  sangat banyak, tak mungkin kau bisa menyelamatkan semuanya,"
ungkapnya sambil menggelengkan kepala dan terkekeh melihat usaha anak tersebut.
Anak Pantai     : “Kakek, mungkin aku tidak bisa menyelamatkan semua bintang laut itu. Tetapi dia, yang ada di tanganku, sedang berusaha kuselamatkan. Dan dia pasti selamat!” jawabnya semangat.

Tetap meneruskan usahanya memindahkan bintang laut, akhirnya kakek tersebut ikut membantu menyelamatkan hewan itu.

Situasi diatas sebenarnya sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa untuk mengubah dunia kita perlu melakukan hal yang besar, spektakuler. Hal ini justru menimbulkan ketakutan karena merasa tidak mampu dan terlalu berat untuk dikerjakan sehingga memilih mundur sebelum mencoba. Tekanan yang mengatakan bahwa semua yang dilakukan akan sia-sia menyebabkan banyak orang menjadi cuek dan tidak berbuat apa-apa atas apa yang terjadi di sekitar.

Tetapi, anak pantai tadi berpikiran berbeda. Memang, dia tidak dapat mengubah dunia dengan melakukan pekerjaan besar. Namun dengan kemampuan dan tenaga yang dimilikinya, dia bisa mengubah dunia bahkan dengan melakukan hal-hal sederhana.

Contoh kecilnya adalah memindahkan bintang laut, sama halnya dengan kita membuang sampah pada tempatnya, mengantri, berbagi ke sesama, menggunakan 
sit belt di mobil, mematuhi rambu lalu lintas, tidak memakai ponsel saat berkendara, dan hal kecil lainnya, yang ternyata apabila semua orang sepakat melakukan semuanya akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan memicu harapan baru bagi masyarakat.
 
Jadi, apa anda masih merasa remeh dengan hal-hal kecil yang dapat anda lakukan? Sadarilah pengaruh besarnya, ingatlah bahwa apapun yang anda lakukan, pada akhirnya akan berdampak pada kehidupan anda dan semua orang. Melakukan hal kecil yang sederhana itu lebih penting daripada tidak melakukan apa-apa.

Sumber : Vemale/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami