3 Hal yang Dinanti Investor Setelah Jokowi Jadi Presiden

3 Hal yang Dinanti Investor Setelah Jokowi Jadi Presiden

Lois Official Writer
1591
Joko Widodo atau yang dipanggil Jokowi sudah resmi menduduki kursi nomor satu di pemerintahan sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7. Investor menanti langkah apa yang akan diambil Jokowi selanjutnya dalam waktu dekat. Ketiga hal ini dinilai sangat mempengaruhi perekonomian dan juga investasi di dunia bisnis. Hal ini dikemukakan oleh ekonom PT. Bank Danamon Tbk, Anton Hendranata.

Pertama, mengumumkan susunan kabinet. Pasar akan melihat siapa saja yang akan menduduki posisi menteri-menteri yang ada terutama tiga kementerian strategis seperti Menteri Keuangan, Menteri Perekonomian, dan Menteri Pertanian. Untuk Menteri Perekonomian, nama Sri Mulyani dikaitkan. Pasar melihat bahwa jika benar Sri Mulyani duduk di posisi tersebut, maka geliat ekonomi Indonesia bisa maju karena terbukti pengalamannya di dalam maupun internasional sangat luar biasa.

"Jokowi perlu memilih menteri yang bersih, memiliki kapabilitas, kuat, profesional, disiplin, dan bisa kerja. Nggak gampang jadi menteri sekarang, karena bakal susah menghadapi DPR," ujarnya kepada liputan6.com, Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Yang kedua, Jokowi-JK harus segera mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. "Apakah itu Rp 3.000 atau Rp 4.000 per liter, harus dinaikkan tahun ini. Kalau tahun depan, ruang gerak Jokowi terbatas, bakal kalah dengan DPR jika pakai voting," ujar Anton lagi.

Yang ketiga, menurut Anton, mengalihkan anggaran dari kenaikan harga BBM subsidi untuk infrastruktur. "Misalnya hemat Rp 200 triliun, digunakan untuk infrastruktur maka bisa efektif membangun perekonomian bangsa," ujarnya.

Sumber : liputan6.com by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami