Ragam Keunikan Bersejarah di Pelantikan Jokowi-JK

Ragam Keunikan Bersejarah di Pelantikan Jokowi-JK

Lori Official Writer
5420
Hari ini, 20 Oktober 2014 menjadi sejarah baru bagi Indonesia atas dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Joko Widodo –Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memulai tugas dan tanggung jawab menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan.

Pengaruh kuat sosok Jokowi di tengah publik, seolah memberi kesan berbeda bagi pelantikan kali ini. Seperti dihimpun dari berbagai media, pelantikan Jokowi-JK ini dianggap unik dan bersejarah lantaran diwarnai dengan berbagai hal ini.

1. Pidato Jokowi disambut baik

Pelantikan Jokowi-JK akhirnya dihadiri oleh rival politiknya Prabowo-Hatta. Tak pelak, pidato Jokowi disambut hangat oleh publik lantaran menyebutkan Prabowo sebagai sahabat. Lantas, Prabowo dengan sikap berdiri menyambut hormat ucapan itu. Suasana ini tergolong langka sebab seperti diketahui, sepanjang perhelatana Pemilu 2014 hubungan keduanya cukup panas.

2. Jokowi sambut warga tanpa dasi dan jas  

Alih-alih menggunakan mobil pribadi presiden, Jokowi-JK kembali menunjukkan kebersahajaannya selepas pelantikan presiden di gedung DPR/MPR. Jokowi-JK hanya diantar naik mobil hingga Bundaran HI lalu memutuskan naik andong tanpa penutup menuju Istana Negara di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Dalam perjalanan itu, Jokowi tampak rileks dan lepas tanpa jas, dasi dan peci. Uniknya, Jokowi-JK menyingsingkan lengan dan menyalami para warga yang berkerumun di sepanjang jalan menuju istana.

3. Ahok sebut salaman Jokowi beda

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), teman sekaligus partner kerja Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta menyempatkan diri menyalami presiden ke-7 RI itu. Tawa riang terus mewarnai raut wajah kedua rekan ini hingga akhirnya Ahok menghantarkan Jokowi masuk mobil dan bertolak menuju Istana Negara pada pukul 12.30 WIB.

Dengan berseloroh, Ahok menyebut salaman pertama dengan Presiden RI ke-7 itu terasa beda. “Beda (rasa salamannya), sekarang yang beking presiden, bukan gubernur lagi,” solorohnya saat ditanyai. Salam hangat keduanya menjadi momen pertama setelah Jokowi resmi menjabat sebagai Presiden RI.  

4. Kemeriahan acara 'Salam 3 Jari' di Monas

Menjadi sejarah baru bagi Indonesia, ketika pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK dilengkapi dengan pesta rakyat dengan lautan manusia. Panggung ‘Salam 3 Jari’ ini digelar oleh para relawan dan simpatisan Jokowi dengan menampilkan acara kirab budaya, pesta rakyat dan konser musik.

Seusai dari Istana, Jokowi rencananya akan segera bertolak ke Monumen Nasional (Monas) dan akan berpidato di depan masyarakat. Uniknya, sepanjang sejarah pelantikan Presiden Indonesia, ini menjadi momen yang digelar untuk pertama kalinya.

Atas pelantikan bersejarah ini, segenap rakyat Indonesia menyampaikan selamat bagi Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK. Dengan harapan, kepemimpinan Jokowi-JK akan membawa perubahan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami