Jokowi Resmi Presiden RI 2014-2019

Nasional / 20 October 2014

Kalangan Sendiri

Jokowi Resmi Presiden RI 2014-2019

daniel.tanamal Official Writer
6493
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Joko Widodo dan Jusuf Kalla akhirnya resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2014-2019, setelah membacakan sumpah dan menandatangani berita acara di Ruang Paripurna I Gedung Nusantara Kompleks Parlemen DPR/MPR RI, Senin (20/10/2014).

Jokowi mengucap sumpah yang tertulis dalam sebuah map merah di muka ruang sidang. Di bawah kitab suci Al Quran, Jokowi menyatakan sumpahnya untuk memenuhi kewajibannya sebagai presiden RI sebaik-baiknya serta berjanji akan memegang teguh Undang-undang Dasar 1945 dan berbakti pada nusa dan bangsa.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Serta memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti pada nusa dan bangsa," ucap Jokowi dalam sumpahnya.

Setelahnya, giliran Jusuf Kalla yang mengucapkan sumpah sebagai wakil presiden. Setelah prosesi ini, kedua pasangan yang memenangkan Pemilu Presiden 2014 ini resmi menjadi presiden dan wakil presiden RI untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Dalam acara pelantikan tersebut Jokowi duduk bersebelahan dengan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di bagian kanan podium. Sementara itu Jusuf Kalla dan mantan wakil presiden Boediono duduk disamping kiri podium. Prosesi pelantikan ini juga diikuti oleh para mantan presiden dan wakil presiden RI seperti BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno dan Hamza Haz. Hadir pula Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa yang menjadi rival Jokowi-JK di Pilpres 2014. Sementara itu beberapa perwakilan dari negara-negara sahabat mengikuti prosesi yang berjalan dengan sangat khidmat dan meriah ini.

 

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> <!--[endif]-->-->
Halaman :
1

Ikuti Kami