Manfaat Bawang Beserta Kulitnya
Sumber: iadorefood.com

Gizi & Nutrisi / 19 October 2014

Kalangan Sendiri

Manfaat Bawang Beserta Kulitnya

Lois Official Writer
3573
Biasanya orang membuang kulit terluar bawang merah ataupun bawang bombai saat akan digunakan sebagai bumbu masak. Kulit terluar ini biasanya dianggap kotor dan tidak berguna sehingga dibuang begitu saja. Menurut data tahun 2011 di Eropa limbah bawang merah ataupun bawang bombay sekitar 500.000 ton per tahun. Cukup banyak bukan? Padahal kulitnya ini punya manfaat yang luar biasa.

Bagian kulit terluar bawang terdapat nutrisi yang baik untuk tubuh seperti quercetin. Tanaman ini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, menurunkan gula darah, dan mengurangi peradangan.

Memang kulit bawang ini tidak bisa dimakan seperti layaknya bagian dalam, namun ada cara yang bisa dilakukan agar tetap mendapatkan manfaat dari kulit bawang tersebut. Caranya yaitu, cuci bersih kulit bawang dan masukkan ke dalam air saat memasak sop atau makanan berkuah lainnya. Nutrisinya pun akan terserap dan dirasakan tubuh.

Rahasia lainnya pada bawang banyak diketahui contohnya sebagai aphrodisiac yang kemudian menjadi antioksidan yang dapat menawarkan racun dan meningkatkan fungsi ginjal. Ada pula elemen selenium yang berfungsi mengurangi tingkat resiko terhadap berbagai macam kanker.

Cara terbaik untuk memaksimalkan keunggulan bawang yaitu selalu membeli bawang segar karena nutrisi yang terdapat di dalamnya. Yang kedua, beri waktu jeda setelah mengiris bawang. Jeda selama 30-45 menit itu akan membuat allicin, salah satu antioksidan terbentuk. Simpanlah bawang di tempat yang dingin dan kering, jauh dari cahaya dan panas.

Sumber : liputan6.com-readersdigest.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami