Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
5550


Bagi umat Kristiani, gereja menjadi rumah ibadah untuk melaksanakan ritual keagamaan setiap minggunya. Beraneka ragam gereja bahkan hadir dengan bentuk bangunan dan tata cara ibadahnya tersendiri, namun perbedaan itu pula yang menjadikannya unik dan dikenal luas.

Bicara soal keunikan, empat gereja ini dipandang menarik bahkan memicu kontroversi karena punya masing-masing keunikan ini.

1. Gereja Rumput Hofskirkya

Gereja rumput Hofskirkya adalah gereja beratapkan rumput sebagai hasil peninggalan budaya masyarakat Desa Hof, di Oraefi, wilayah Tenggara Islandia. Mereka menutupi atap bangunan (gereja dan rumah) dengan rumput untuk melindungi bangunan dari perubahan cuaca Islandia yang cukup ekstrem.

Hingga kini, Gereja Hofskirkja masih berdiri kokoh sejak dibangun pada tahun 1884. Dindingnya yang terbuat dari tumpukan batu seolah membuat gereja tampak seakan-akan tumbuh dari rumput dan menyatu dengan bumi.

2. Bar gereja

Gereja dengan nama Sister Louisa’s Church of the Living Room & Ping Pong Emporium atau bar gereja ini hadir di Atlanta pada tahun 2010 silam. Bar gereja ini menjadi perdebatan karena di dalam bar terdapat 200 karya seni bertemakan agama, termasuk patung Yesus dan salib.

Bar gereja ini bahkan sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan asing. Kendati terus mendapat kecaman dari masyarakat Atlanta, namun pendiri bar yang adalah seorang seniman bernama Hendry itu tetap tak jera.

3. Gereja Merpati

Gereja ini memang unik lantaran berbentuk burung merpati atau ayam. Gereja ini terletak di sebuah bukit di Magelang, yang tidak jauh dari kota Yogyakarta. Sayangnya, saat ini gereja sudah tak terawat. Dulu, gereja ini menjadi tempat berdoa, pusat rehabilitasi anak-anak cacat fisik, kecanduan narkoba, sakit jiwa dan anak yang bermasalah lainnya.

4. Gereja di atas tebing

Selain letak bangunannya yang aneh karena terletak di atas tebing, gereja peninggalan abad ke-6 ini unik karena punya tangga yang berdecit saat dinaiki. Selain itu, di gereja ini juga terdapat seorang biarawan yang sudah 20 tahun hidup di sana.

Selain gereja di atas, tentu masih banyak lagi gereja memiliki unsur-unsur uniknya, baik melalui unsur bangunan atau sejarah. Namun yang terpenting dari itu adalah bagaimana setiap gereja difungsikan sebagai rumah Tuhan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

JustinDI 22 November 2019 - 17:30:07

ADA YANG BISA JELASKAN KE SAYA APA ITU ARTIKEL KAR.. more..

0 Answer

JustinDI 22 November 2019 - 17:28:11

Doakan supaya adik saya semakin berubah dan bertob.. more..

0 Answer

Imada Cahya Septiyaningsih 22 November 2019 - 15:17:29

Anak saya merupakan generasi Alpha. Namun ironisny.. more..

1 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3